Lima Finalis Desain Rumah di Mars Dapat Hadiah Rp1,4 Triliun

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 13:19 WIB
NASA telah memilih lima finalis dalam kompetisi lomba desain rumah koloni yang akan tinggal di Mars dan menggelontorkan hadiah Rp1,4 triliun. Ilustrasi (Courtesy of NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA telah menetapkan lima finalis dalam lomba merancang model rumah untuk koloni di Mars. Kelima finalis ini mendapat total hadiah Rp1,4 triliun (US$100 ribu). Kelima pemenang mendapat hadiah antara Rp257,5 miliar sampai Rp301,9 miliar (US$17.881,1-US$20.957,95).

Namun, finalis ini mesti menyelesaikan misi terakhir untuk menjadi pemenang: memberikan cetakan 3D dari model tempat tinggal koloni di Mars yang sudah mereka rancang.

Kompetisi yang memang berjalan tahunan ini telah digelar sejak 2015. Lima pemenang ini berhasil mengungguli 18 model lain yang didaftarkan dalam kompetisi ini.
Peserta yang masuk daftar lima besar ini dipilih setelah NASA memperoleh model virtual realistik dari tempat tinggal koloni Mars yang mereka rancang. Model virtual ini dibuat dengan software khusus.


Para pemenang dipilih berdasarkan kriteria kelengkapan model, denah, estetik bangunan, dan ketersediaan model dalam bentuk cetak 3D.

Software dengan nama Building Information Modeling ini berbeda dengan software 3D lain seperti Blender misalnya. Software ini bisa membuat model dengan detil yang paling kecil sekalipun. Ia pun bisa disimulasikan bagaimana perangkat 3D yang dirancang itu bakal berfungsi.

Sehingga, pengguna tak bisa hanya membuat model tembok 2D dengan material TBD, misalnya. Perancang perlu menggambarkan hingga ketebalan bahan, kekuatan segel terhadap tekanan, elemen filter udara, pemanasan, dan sebagainya.
Habitat ini juga setidaknya harus memiliki luas sekitar 300 meter persegi. Sehingga tempat tinggal itu cukup luas untuk ditinggali oleh empat orang selama setahun. Plus tempat untuk mesin dan berbagai perlengkapan lain yang diperlukan untuk hidup di Mars.

Sebagian besar rumah ini juga harus bisa dirakit sendiri, sehingga orang bisa segera menempati rumah ini begitu mereka mendarat di Mars.

Desain yang dikirimkan untuk kompetisi ini dirancang dengan perangkat industrial dan dinilai oleh para ahli mulai dari Disney hingga NASA. NASA memberi syarat agar model cetak 3D dari rancangan koloni yang mereka buat sudah bisa dikirimkan tahun depan, seperti disebutkan TechCrunch.

Catatan Redaksi:Kalimat pada paragraf pertama artikel ini diubah pada Selasa (31/7) pukul 14.35 WIB. Sebelumnya tertulis "kelima finalis ini mendapat total hadiah Rp1,4 miliar. Sehingga masing-masing tim setidaknya mendapat Rp70 miliar." Kalimat diubah karena terdapat kesalahan redaksi.
(eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK