Apple Bersih-bersih Podcast Konspirasi

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 10:23 WIB
Apple Bersih-bersih Podcast Konspirasi Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Elijah Nouvelage)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple telah menghapus sebagian besar konten podcast Infowars, sebuah media konspirasi milik Alex Jones. Podcast-podcast milik Jones kini sudah hilang dari aplikasi Podcast dan iTunes milik Apple.

Langkah yang diambil oleh Apple ini menyusul sejumlah situs yang sudah terlebih dahulu menghapus konten milik Jones yang berisi teori-teori konspirasi.

Di platform miliknya, pihak Apple mengklaim telah menghapus lima dari enam koleksi podcast Jones, di antaranya "War Room" dan "The Alex Jones Show." Saat ini, koleksi podcast milik Jones yang masih dapat diakses bertajuk "RealNews with David Knight."


Sebelumnya, Facebook dan Spotify juga telah mengambil sikap terhadap Jones dan teori-teori konspirasinya. Profil pribadi Jones di Facebook sempat ditangguhkan selama 30 hari pada akhir Juli lalu, karena dianggap mengandung konten perundungan dan ujaran kebencian.

Minggu lalu, Spotify menghapus beberapa episode dari program podcast milik Jones. "Kami telah menghapus beberapa episode dari program podcast 'The Alex Jones Show' karena telah melanggar kebijakan kami tentang konten kebencian," ujar seorang juru bicara Spotify, dikutip dari Reuters.

Jones mendirikan Infowars hampir dua dekade yang lalu, tepatnya pada tahun 1999. Hingga saat ini, ia memiliki sejumlah besar audiens yang membaca atau mendengarkan teori-teori konspirasinya.

Salah satu teorinya yang cukup populer adalah tentang peristiwa 11 September 2001, ketika terjadi teror di New York dan Washington D. C., Amerika Serikat. Ia beranggapan bahwa kejadian itu merupakan rekayasa dan direncanakan oleh pemerintah AS sendiri.

Ia juga membuat teori konspirasi tentang teror penembakan di sekolah Sandy Hook, Connecticut, AS. Insiden penembakan yang memakan 26 korban jiwa pada tahun 2012 lalu itu diprediksinya merupakan rekayasa oleh kelompok sayap kiri untuk mempromosikan hukum pengendalian senjata. (evn)