Saksikan 'Live' Peluncuran Satelit Merah Putih Oleh SpaceX

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 10:52 WIB
Saksikan 'Live' Peluncuran Satelit Merah Putih Oleh SpaceX Persiapan peluncuran satelit merah putih (ANTARA FOTO/Saptono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkom akan meluncurkan Satelit Merah Putih di lokasi peluncuran SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat pukul 12.00 WIB siang ini.

Peluncuran satelit ini bisa disaksikan secara langsung lewat tayangan live streaming yang disediakan Telkom, SpaceX dan beberapa layanan pihak ketiga lainnya. Berikut link untuk tayangan live streaming tersebut.

SpaceX
[Gambas:Youtube]


Telkom
[Gambas:Youtube]

Sumber lain yang bisa digunakan untuk menyaksikan secara langsung melalui Space Flight Now dan Space Video

Satelit Merah Putih ini akan digunakan sebagai satelit komunikasi yang memperkuat operasi satelit Telkom-2 dan Telkom 3S.

"Satelit Merah Putih rencananya akan diluncurkan menuju slot orbit 108 derajat Bujur Timur (108 BT) pada 4 Agustus sesuai pernyataan resmi yang kami terima dari SpaceX selaku perusahaan penyedia jasa peluncuran," ungkap Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, dalam pernyataannya seperti diterima CNNIndonesia (26/7).

Satelit Merah Putih memiliki kapasitas 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

Sedangkan 24 transponder C-Band lainnya akan menjangkau Kawasan Asia Selatan. Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.


(eks/eks)