Cara 'Melarikan Diri' dari Pengintaian Google

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 17:44 WIB
Cara 'Melarikan Diri' dari Pengintaian Google Ilustrasi Google Maps. (Foto: CNN Indonesia/ Trisno Heriyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google diketahui masih melacak lokasi pengguna meskipun pengaturan GPS dan riwayat lokasi di pengaturan ponsel telah dimatikan oleh pengguna.

Temuan ini sebelumnya diketahui oleh peneliti dari Princeton University Gunes Acar yang menemukan bahwa Google masih mengawasi gerak-gerik tanpa sepengetahuan penggunanya.

Untuk mensetop aksi 'pengintaian' pergerakan Anda, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pemilik ponsel. Dilaporkan Associated Press, berikut langkah yang bisa dilakukan untuk membuat Google tak lagi mendeteksi pergerakan Anda.


Pertama pastikan ponsel sudah terhubung dengan akun Google. Langkah berikutnya Anda bisa mengakses situs myactivity.google.com lewat browser ponsel.

Di opsi menu yang berada di kiri atas, Anda bisa memilih 'Activity Controls' kemudian matikan 'web & app activity' dan 'riwayat lokasi'. Dengan mematikan dua pengaturan tersebut, Google seharusnya tak bisa lagi menandai setiap pergerakan dan menghubungkannya dengan akun Anda.

Meski demikian, raksasa internet asal AS ini akan memberi peringatan bahwa beberapa layanan tak dapat bekerja jika pengaturan ini dinonaktifkan.

Perangkat iOS

Sementara untuk pengguna Google Maps di perangkat iOS, pengguna bisa mengubah pengaturan penggunaan GPS ke opsi 'Hanya Ketika Digunakan'. Dengan begitu, aplikasi ini hanya akan mendeteksi keberadaan Anda ketika aplikasi tersebut sedang digunakan.

Untuk mengubah pengaturan ini, pengguna bisa melakukannya melalui opsi Pengaturan - Privasi - Lokasi Layanan dan bisa pilih aplikasi Google Maps untuk melakukan pengubahan.

Bagi pengguna Safari, bisa mengubahnya lewat opsi Pengaturan - Safari - Mesin Perambang, nanti akan ada opsi untuk menonaktifkan GPS lewat Pengaturan - Privasi - Lokasi Layanan - Safari Website dan pilih 'Tak Pernah diaktifkan'.

Selain itu, pengguna juga bisa menonaktifkan Lokasi Layanan lewat Pengaturan - Privasi - Layanan Lokasi yang membuat Google tak bisa mendeteksi keberadaan Anda. Namun aplikasi peta digital tetap bisa dipakai, meski keberadaan penggunanya tak terdeteksi.

Perangkat Android

Khusus untuk pengguna ponsel dan tablet Android, Anda bisa mensetop aksi pelacakan Google lewat opsi Pengaturan - Keamanan & lokasi - Privasi - Lokasi. Pilih 'Izin tingkat aplikasi' untuk mematikan akses GPS ke semua aplikasi.

Pengguna Android hanya memiliki opsi untuk memberikan akses GPS ke semua aplikasi, atau mematikannya secara keseluruhan. Pengguna tak memiliki pilihan untuk menggunakan GPS hanya ketika aplikasi sedang digunakan.

Hapus Riwayat Lokasi

Untuk menghapus riwayat lokasi, pengguna bisa melakukannya dengan mengakses myactivity.google.com. Pilih ikon lokasi di bagian 'detail' hingga memunculkan tautan 'dari lokasi saat ini'. Dengan memilih opsi tersebut, akan muncul Google Maps dan riwayat lokasi keberadaan pemilik akun.

Pengguna bisa memilih untuk menghapus riwayat lokasi dari aplikasi apa saja, atau bisa menghapusnya berdasarkan durasi dari hingga tanggal tertentu saja. (evn)