Laju Xpander Tertahan Inden di Sulawesi Selatan

Febri Ardani, CNN Indonesia | Kamis, 23/08/2018 05:18 WIB
Inden 3 bulan berlaku untuk tipe manual, sedangkan tipe otomatis membutuhkan waktu 1,5 bulan. Mitsubishi Xpander di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar 2018. (Dok. MMKSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan Mitsubishi Xpander di Sulawesi Selatan (Sulsel) terkendala masalah klise soal distribusi unit. Padahal, menurut pengakuan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), potensi Xpander besar di Sulsel, khususnya di Makassar.

Dari data ritel yang dibeberkan MMKSI, penjualan semua merek mobil penumpang dan komersial ringan di Sulsel pada Januari-Juni 2018 tercatat 18.800 unit. Hasil itu naik hampir 42 persen dari periode sama pada tahun lalu yakni sebesar 13.300 unit.

Sedangkan hasil penjualan Mitsubishi selama Januari-Juni 2018 di Sulsel mencapai 1.136 unit. Pencapaian itu jadi prestasi tersendiri buat Mitsubishi, pasalnya hasil semester satu sudah mendekati catatan total penjualan 2017 sebesar 1.200 unit.


Xpander merupakan kontributor terbesar buat Mitsubishi di Sulsel. Pada Januari-Juni 2018, Xpander terjual 590 unit atau mewakili setengah penjualan Mitsubishi.
Meski begitu, diungkap Kepala Departement Penjualan dan Pemasaran Regional III MMKSI Ilham Iranda Syahputra, Xpander hanya menguasai 21 persen pangsa pasar low MPV di Sulsel. Ilham mengatakan ingin meraup 30 persen pangsa pasar low MPV Sulsel seperti pangsa pasar Xpander di penjualan nasional. Namun diakui perihal distribusi unit masih jadi kendala. 

"Karena kendala suplai unit saja, tapi sudah di angka 20 persen. Di Sumatera bahkan masih ada yang di bawah 20 persen, karena memang pemenuhan unit," ucap Ilham.
 

Di Makassar, ibu kota Sulsel, bisa membutuhkan waktu sampai tiga bulan hingga akhirnya konsumen mendapatkan unit Xpander setelah melakukan pemesanan. Inden selama itu berlaku untuk tipe transmisi manual yang dikatakan Ilham sedang meningkat permintaannya. Sedangkan untuk tipe otomatis, inden bisa lebih cepat, yakni 1,5 bulan. 

Menurut Ilham, masa tunggu konsumen itu, sudah termasuk 10 hari perjalanan darat dan laut pengiriman unit Xpander dari pabrik Mitsubishi di Bekasi hingga Makassar. 

"Kami memang masih ada kendala di manual. Manual itu bisa kita bilang paling lama tiga bulan. Manual ini lagi lompat, sekarang sudah bergeser dari otomatis 60-70 persen menjadi manual di Sulsel," ujar Ilham.
Mitsubishi di GIIAS Makassar
MMKSI berharap penjualan Xpander bakal meningkat pada Agustus dari hasil menjadi peserta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Makassar.

Stan Mitsubishi di GIIAS Makassar yang didesain mengikuti tagline global baru "Drive Your Ambition" diharapkan bisa menjual setidaknya 150 unit selama pameran berlangsung 21-26 Agustus 2018. 

Dalam keterangan resmi MMKSI menjelaskan, modal tampil di GIIAS Makassar yaitu peluncuran regional varian baru Xpander, Sport tipe manual dan GLS otomatis. Kedua varian itu sudah meluncur secara nasional di GIIAS yang digelar di Tangerang pada 2-12 Agustus 2018. 

Selain itu MMKSI juga punya amunisi lain, yakni Pajero Sport edisi terbatas Rockford Fosgate. Di GIIAS Tangerang, MMKSI memutuskan menambah 1.000 unit tambahan model itu dan sekarang juga ditawarkan di GIIAS Makassar. 

"Target kami 150 unit, 60-65 persen itu Xpander, 30 persen Pajero Sport, dan sisa model lainnya," kata Ilham. (fea)