Mobil Harga Ratusan Hingga Miliaran Cawapres Ma'ruf Amin

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 14:13 WIB
Cawapres punya dua mobil merek Toyota yang harga cukup fantastis. Ma'ruf Amin turun dari mobil Toyota Alphard. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembahasan koleksi mobil Ma'ruf Amin terkait keinginannya menjadi calon wakil presiden di Pemilihan Presiden 2019 sangat menarik perhatian.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Ma'ruf yang dilaporkan beberapa waktu lalu tercatat bahwa dia memiliki dua unit mobil merek Toyota.

Pertama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyimpan Fortuner VRZ produksi 2017 yang nilainya ditaksir Rp527,9 juta.


Di atas kertas, Sport Utility Vehicle (SUV) pesaing Mitsubishi Pajero Sport dan Nissan Terra itu menggendong mesin diesel berkapasitas 2.400 cc yang dipadupadankan transmisi otomatis enam percepatan. Mesinnya mampu melontarkan 148 daya kuda dengan torsinya 401 newton meter (Nm).

Selain SUV, pria yang sekarang berusia 75 tahun ini juga memiliki Alphard G buatan 2018. Model Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan pintu geser itu pantas disebut mobil mewah karena nilainya mencapai Rp1,1 miliar.
Alphard sendiri diketahui mempunyai karakter elegan, sementara saudaranya, yaitu Vellfire didesain lebih sporty. Model mewah ini menjanjikan banyak kelebihan dan paling utama menawarkan kenyamanan pada setiap penghuni kabin.

Kenyamanan di dalam kabin didapat berkat dimensinya yang lega, yakni panjang 4.915mm, lebar 1.850mm, dan tinggi 1.895mm. Dimensi itu memudahkan para insinyur Toyota lebih leluasa menempatkan komponen hingga jok captain seat di baris kedua dan ketiga. Masing-masing joknya pun tersimpan pengaturan otomatis.

Penumpang juga dapat menikmati kualitas suara speaker merek ternama yang terintegrasi dengan layar sentuh di bagian dasbor.

Berbicara soal jantung pacu, Alphard dibekali mesin 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc empat silinder yang diklaim dapat memuntahkan tenaga sebesar 177,5 daya kuda pada rpm 6.000 dan torsi 234,3 Nm pada rpm 4.100.
Alphard umum menjadi pilihan para pejabat maupun konsumen berkocek tebal untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sebab kendaraan ini sangat mengakomodir kebutuhan mereka.

Toyota menempati posisi teratas untuk penjualan MPV premium dengan total penjualan 1.757 unit berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang semester I 2018.

Fortuner untuk periode yang sama mencapai 9.073 unit, atau berada di bawah Pajero Sport dengan torehan angka sebesar 11.021 unit. (mik)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK