Pesan Tempat Kerja Bisa Pakai Aplikasi

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 22:28 WIB
Pesan Tempat Kerja Bisa Pakai Aplikasi Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di era yang modern dan dinamis ini, muncul sebuah tren di mana para pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote dan mobile, alias tak lagi harus bekerja dari kantor.

Seiring dengan hal itu, muncul banyak ruang-ruang kerja yang disebut dengan co-working space yang saat ini pun sudah menjamur di Indonesia. Melihat tren tersebut, Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), membuat sebuah aplikasi bernama SpotQoe.

SpotQoe merupakan sebuah platform yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk memesan ruang secara online untuk menggelar acara (event), rapat, maupun ruang untuk bekerja secara mobile.
Riset yang dilakukan oleh lembaga Swiss terhadap 18 ribu pelaku bisnis di 96 perusahaan di seluruh dunia, tercatat bahwa secara global 70 persen pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote setidaknya seminggu sekali, dan 53 persen di antaranya melakukan pekerjaan secara remote hingga separuh minggu.


Head of SpotQoe Hari Ananto mengungkapkan untuk melakukan pemesanan ruangan pelaku bisnis tidak harus ke kantor.

"Untuk melakukan pemesanan ruangan, pelaku bisnis tidak harus dari kantor, bahkan sambil dalam perjalanan pun bisa. Misalnya mau meeting di sebuah cafe, restoran, atau hotel bisa langsung melakukan pemesanan [ruangan]. Hal ini menjadi respons dari tren mobile worker," kata Hari, Selasa (28/8).

Hingga saat ini, SpotQoe sudah menggandeng 400 merchant yang menawarkan 2.500 ruang kerja yang dapat dipesan, terfokus di daerah Jakarta dan sekitarnya. Hingga akhir tahun ini, SpotQoe menargetkan untuk memiliki 3 ribu rekanan merchant di seluruh Indonesia.
Di dalam aplikasi, SpotQoe menampilkan beragam ruangan yang dapat dipesan oleh pengguna berdasarkan pencarian wilayah. Terdapat keterangan lengkap untuk setiap ruangan, mulai dari harga, kapasitas, hingga fasilitas yang didapat oleh pengguna jika memesan ruangan tersebut.

SpotQoe dapat diakses melalui situs maupun aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android versi Lollipop ke atas, serta pengguna iOS versi 9 ke atas. (age/age)