Ukuran Video Pengaruhi Akses Aplikasi Belajar Online

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 19:28 WIB
Ukuran Video Pengaruhi Akses Aplikasi Belajar Online Ilustrasi (Microsoft)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ukuran bandwidth video pada aplikasi belajar online penting diperhatikan agar layanan bisa diakses lebih banyak pelajar. Sebab, tidak semua siswa memiliki kuota dan sinyal yang memadai untuk melakukan streaming atau mengunduh video belajar mereka. Untuk itu, Zenius mengaku sangat serius berinovasi dalam hal bandwidth.

"Jadi kalau video itu biasanya 50-60 MB per menit, video Zenius itu bisa cuma 2 MB per menit. Kita serius mengupayakan itu, supaya bisa diakses di rural (pinggiran) area juga," tutur founder Zenius, Sabda P. S.saat ditemui dalam konferensi pers di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2).

Sebab, konsumsi bandwidth ini akan memengaruhi apakah pengguna aplikasi belajar ini akan terus menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.
Aplikasi pendidikan juga disebut bisa membantu menigkatkan pendidikan dengan solusi cepat berupa ketersediaan tenaga pengajar berkualitas bagi siapa saja. Sebab, menurutnya peningkatan kualitas guru dengan cara konvensional akan memakan waktu yang lama.


"Untuk solusi cepat, ya sudah ada 100 guru terbaik se-Indonesia [di platform teknologi edukasi], jadi semua siswa secara teori punya akses terhadap itu," ujar Sabda

Melalui video-video pembelajaran yang terdapat di platform teknokogi edukasi, seluruh siswa di Indonesia diangap memiliki kesempatan yang sama untuk menerima pengajaran dari guru-guru yang berkualitas.

Zenius merupakan salah satu pemain digital pertama di ekosistem pendidikan Indonesia. Hingga akhir tahun 2017, Zenius sudah memiliki 10,8 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. (eks/eks)