China Lakukan Inspeksi Seluruh Perusahaan 'Ride-Hailing'

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 18:52 WIB
China Lakukan Inspeksi Seluruh Perusahaan 'Ride-Hailing' Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Photo
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Transportasi China akan segera melakukan inspeksi menyeluruh pada semua perusahaan ride-hailing. Keputusan ini dilakukan setelah seorang driver dari Didi Chuxing membunuh penumpang berumur 20 tahun.

Dilansir dari Reuters, inspeksi ini akan dimulai pada 5 September dan mencakup semua platform layanan perjalanan ride-hailing nasional. Didi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik langkah itu dan akan bekerja sama sepenuhnya untuk menerapkan langkah-langkah perbaikan.

"Kami menerima pengawasan dan akan melakukan yang terbaik untuk meningkatkan layanan kami untuk menjamin keselamatan publik," kata Didi dalam pernyataan yang diposting dalam akun resminya di situs Weibo.
Pembunuhan penumpang yang mengendarai kendaraan Didi terjadi di kota Wenzhou bagian timur, dan merupakan insiden kedua yang melibatkan Didi sejak Mei.


Kasus terbaru memicu kemarahan dan menyuarakan keprihatinan tentang keselamatan di sektor ride-hailing naik yang tumbuh cepat di China, mendorong perusahaan untuk mengatakan bahwa itu akan menangguhkan layanan Hitch tanpa batas hingga muncul dengan mekanisme keamanan yang dapat diterima oleh para penggunanya. (age/age)