Galaxy S10 Diperkirakan Akan Pakai 5G

Eka Santhika, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 21:04 WIB
Galaxy S10 Diperkirakan Akan Pakai 5G Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung diperkirakan akan gunakan koneksi 5G pada Galaxy S10. Namun, bisa jadi S10 bukanlah ponsel 5G pertama Samsung. Hal ini sempat disebutkan oleh CEO Samsung, DJ Koh beberapa waktu lalu.

Kemungkinan Samsung akan menggunakan koneksi 5G pada Galaxy F yang disebut-sebut akan jadi ponsel lipat pertamanya yang akan diluncurkan November. Tapi setelah peluncuran sepertinya Galaxy F sepertinya tidak akan ada di toko-toko dalam waktu dekat. Diperkirakan Galaxy F inilah yang akan menjadi ponsel 5G pertama Samsung, seperti diberitakan BGR

Informasi mengenai S10 yang akan menggunakan koneksi 5G juga dibocorkan oleh sumber internal Samsung.


Sumber ini menggunakan nama akun Ice Universe @UniverseIce di Twitter dan Weibo. Lewat akun ini, si sumber biasanya membocorkan isu-isu seputar Samsung di media sosial. Salah satu cuitan terakhirnya terkait koneksi 5G di Galaxy S10 sebagai berikut.



Berdasarkan sumber berbahasa Korea, The Bell, model 5G ini akan menjadi turunan dari S10 Plus. Ponsel ini akan menggunakan spesifikasi yang sama dengan S10 Plus, seperti dilaporkan Android Authority.

Ponsel ini kabarnya akan diproduksi dalam jumlah yang lebih kecil. Sebab, jaringan 5G sepertinya tak akan tersebar luas pada 2019.

Sayangnya, saat ini tidak ada detil lebih lanjut mengenai kemampuan 5G pada Galaxy S10. Tiga operator selular di Korea telah setuju untuk meluncurkan jaringan 5G mereka pada Maret tahun depan.


Diperkirakan saat jaringan itu telah siap, Galaxy S10 telah siap untuk di preorder di berbagai negara, termasuk Korea. Sebab, Samsung biasanya meluncurkan seri Galaxy anyar mereka pada gelaran Mobile World Congress yang digelar Februari.


Dengan demikian, sangat besar kemungkinan bahwa Samsung akan menanam modem 5G di ponsel anyar mereka itu. Sebab, Samsung S10 bukan hanya ponsel flagship mereka, tapi juga menandai 10 tahun bisnis ponsel Android Samsung.

Selain itu, mengingat tabiat Samsung yang kerap membanggakan ponselnya sebagai yang pertama, maka bukan tak mungkin S10 memang akan menggunakan koneksi 5G. Ponsel itu bisa jadi bukan ponsel 5G pertama di dunia, tapi Samsung tak akan membiarkan lawan-lawannya mencemooh Galaxy S10 yang tak menggunakan cip modem 5G.

Huawei adalah salah satu lawan itu. Apalagi produsen ponsel asal China itu telah menantang Samsung tahun ini. Ia menyebut akan mengeluarkan ponsel yang bisa dilipat lebih dulu dari Samsung.

Dengan demikian, tak menutup kemungkinan jika Huawei P30 tahun depan telah dilengkapi dengan 5G. Terutama karena Huawei juga memiliki divisi teknologi perangkat telekomunikasi yang mengembangkan 5G.
(eks/asa)