Netizen Ributkan Kasus Munir 'Dibungkam' 14 Tahun

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 15:15 WIB
Netizen Ributkan Kasus Munir 'Dibungkam' 14 Tahun Warganet menyuarakan desakan kepada pemerintah melalui linimasa di Twitter terkait dengan belum terungkapnya kasus pembunuhan aktivis Munir. (Foto: CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kasus pembunuhan Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Munir Said Thalib genap berusia 14 tahun pada hari ini (7/9). Pria kelahiran 7 September 1965 meregang nyawa di dalam pesawat Garuda GA-974 menuju ke Amsterdam pada 2004 lalu.

Netizen di lini masa Twitter berkicau untuk mengenang pria kelahiran Malang Jawa Timur ini. Tagar #MenolakLupa menjadi tagar populer di Twitter.

14 tahun sudah Munir meninggal, selama itu pula kasus pelanggaran HAM dianggap belum tuntas. Titik terang dari kasus Munir dianggap ada di dokumen penyelidikan Tim Pencari Fakta (TPF) yang diklaim hilang oleh pemerintah.


Berikut beberapa kicauan yang dilantunkan netizen untuk mengenang Mantan Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau HAM Indonesia Imparsial.







Artis sekaligus aktivis sosial Melanie Subono berkicau bahwa pemerintah bukannya bukannya tidak bisa menyelesaikan kasus ini. Pemerintah dituding tidak mau dan tidak berani untuk mengungkap kasus ini.





Bahkan ada netizen yang membandingkan kasus Munir dengan kasus penyiraman air keras ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Penanganan kasus Munir dianggap lebih baik dibanding kasus Novel.



Netizen juga mengintigatkan kepada Jokowi untuk mengungkap kasus Munir.


(asa)