Asosiasi e-Commerce Angkat Suara Soal Jack Ma Pensiun

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Sabtu, 08/09/2018 09:39 WIB
Asosiasi e-Commerce Angkat Suara Soal Jack Ma Pensiun Asosiasi e-Commerce Indonesia menyebut Jack Ma akan tetap jadi ikon Alibaba meskipun dirinya telah memutuskan pensiun dari raksasa e-commerce tersebut. (China Daily via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung menilai rencana pensiun Jack Ma sangat positif. Pasalnya, walau Ma sudah tak berada dalam Alibaba, sosoknya tak akan tergantikan.

"Positif sekali. Walaupun pensiun, Jack Ma tetap menjadi ikon Alibaba," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (8/9).

Ignatius pun menambahkan, rencana pensiun Ma memberikan sisi positif tak hanya untuk dirinya sendiri tetapi timnya.


"Di sisi lain, dia pun memberikan kesempatan untuk timnya step up. Toh beliau juga sudah bangun tim yang bisa bantu untuk running perusahaan," tambahnya.


Jack Ma sebelumnya mengumumkan rencana pensiunnya dari Alibaba tepat saat ulangtahunnya yang ke-54 pada Senin mendatang.

Pria terkaya di China ini akan mengikuti jejak pendiri Microsoft, Bill Gates untuk menjadi filantropis. Ma telah mendirikan The Jack Ma Foundation empat tahun silam.

The Jack Ma Foundation yang berdiri 2014 didedikasikan untuk meningkatkan sistem pendidikan China, khususnya di daerah pedesaan.


Tahun lalu mereka menjanjikan 300 juta yuan atau setara dengan US$45 juta untuk mendanai program pelatihan guru selama satu dekade berikutnya, dengan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan di daerah pedesaan.

"Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," kata Ma, beberapa waktu lalu. (end)