5 Pengumuman Baru Apple di Steve Jobs Theater

RBC, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 09:45 WIB
5 Pengumuman Baru Apple di Steve Jobs Theater Tim Cook. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh dunia sedang menantikan terobosan Apple malam nanti, Rabu (12 /9). Apple akan memperkenalkan iPhone dan rangkaian kejutan lainnya malam nanti di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California.

Selain iPhone, Apple memiliki berbagai produk lain di dan sejumlah kabar terbaru tentang ragam produk.

Dilansir dari The Verge, berikut adalah lima hal yang kabarnya akan menjadi topik bahasan pada gelaran tahunan Apple di markasnya di Silicon Valley.


1. iPhone Baru

Apple diperkirakan bakal merilis tiga model iPhone baru tahun ini. Perangkat-perangkat tersebut yakni iPhone dengan layar OLED berukuran 5,8 inci yang kabarnya akan diberi nama iPhone Xs, iPhone dengan layar OLED berukuran 6,5 inci yang diprediksi akan bernama iPhone Xs Max atau iPhone Xs Plus, serta iPhone dengan layar LCD berukuran 6,1 inci yang dikabarkan bernama iPhone 9 atau iPhone Xc.
2. Apple Watch Seri 4

Tahun ini, Apple Watch akan memiliki desain yang cukup berbeda jauh dari seri-seri sebelumnya yang cenderung terlihat mirip sejak pertama kali diluncurkan pada 2015.

Sejumlah gambar yang beredar menunjukkan bahwa Apple Watch Seri 4 akan memiliki display berukuran besar dengan desain layar mendekati edge-to-edge (tanpa bingkai di sekeliling layar) dan akan memiiki bodi lebih tipis dari versi-versi sebelumnya.

Apple Watch Seri 4 hampir pasti akan beroperasi di atas sistem operasi watchOS5 yang telah diumumkan pada gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni lalu.

Sistem operasi ini memungkinkan Apple Watch untuk mendeteksi kegiatan olah raga secara otomatis, memiliki mode walkie-talkie, dan menyediakan notifikasi yang lebih baik.
3. AirPower, AirPods, dan Aksesorisnya

Sudah setahun penuh sejak Apple mengumumkan produk AirPower, yakni alat untuk mengisi daya tiga perangkat sekaligus tanpa kabel, cocok untuk mengisi daya iPhone, Apple Watch, dan sepasang AirPods sekaligus. Sejak tahun lalu, Apple masih bungkam soal produk ini, dan diperkirakan bakal memberikan informasi baru pada 12 September mendatang.

Apple juga dirumorkan bakal merilis AirPods versi baru tahun ini yang memiliki cip wireless baru dan sebuah case yang mendukung pengisian daya tanpa kabel. Selain itu, Apple juga dikabarkan akan mengganti charger 5W USB pada semua perangkat iPhone-nya dengan 19W USB-C yang mampu mengisi daya dengan lebih cepat.

4. iOS 12, macOS Mojave, dan Sejumlah Pembaruan Software

Walaupun agenda utama dari gelaran 12 September mendatang adalah untuk mengumumkan pembaruan terhadap perangkat keras (hardware), Apple juga diperkirakan akan merilis tanggal peluncuran sistem operasi iOS 12, watchOS 5, tvOS, dan mungkin juga macOS Mojave.

iOS 12 dikabarkan bakal memiliki sejumlah fitur baru seperti Screen Time yang berfugsi untuk merekam berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna pada gawainya, notifikasi yang lebih baik, dan fitur emoji custom bernama Memoji.
5. Kejutan

Kejutan di detik-detik terahir merupakan bagian penting dari merek Apple, yang berarti ada peluang besar untuk munculnya sesuatu yang tidak disangka-sangka. Apa pun dapat terjadi ketika CEO Apple, Tim Cook naik ke atas panggung.

Apple akan mengumumkan semua pembaharuan ini pada 10 pagi waktu Amerika Serikat atau sekitar pukul 10 malam WIB. Acara yang disiarkan langsungd dari Steve Jobs Theater, Kampus Apple, Cupertino, California, Amerika Serikat ini bisa disaksikan streaming via website Apple.

Namun, pengguna hanya bisa streaming menggunakan browser Safari. (age/age)