Tabung Pembatas, Solusi Ridwan Kamil Cegah Mobil Masuk Jurang

FEA, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 13:29 WIB
Tabung Pembatas, Solusi Ridwan Kamil Cegah Mobil Masuk Jurang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencetuskan solusi penggunaan teknologi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Dalam unggahan di akun media sosial, Ridwan mengungkap Jawa Barat bakal menggunakan pagar pembatas jurang dengan tabung berputar yang bernama Roller System.

Roller System merupakan produk buatan Evolution in Traffic Innovation (ETI) asal Korea Selatan. Teknologi ini diklaim punya kemampuan lebih bagus menyerap energi tumbukan dibanding pembatas jalan model lain.

Silinder di bagian tengah akan berputar ketika mengalami tumbukan kendaraan. Saat terjadi tabrakan, silinder yang dijelaskan dalam situs resmi ETI tidak pernah rusak itu mengubah tumbukan frontal menjadi rotasi. Akibatnya, efek tumbukan kendaraan berkurang hingga bisa mengurangi potensi kehilangan nyawa. 


[Gambas:Instagram]

Menurut Ridwan, jalan besar antarkota dan antarprovinsi yang berliku banyak melewati jurang. Roller System memang biasanya digunakan di pinggir jalan tepi jurang atau di tengah pembagi jalan. 

[Gambas:Instagram]


"Road Barrier dengan teknologi silinder putar ini secepatnya kita terapkan. Semoga jalanan Jawa Barat lebih aman. Tapi tetep jangan ngebut, lengkapi keamanan mobil, pake seatbelt  dll. INGAT keluarga anda setiap hari menunggu anda pulang dengan selamat di rumah. Aamiin," tulis Ridwan dalam unggahannya yang lain.

Roller System sudah lolos uji pengetesan di Korea Selatan. Setiap silinder yang bentuknya seperti botol minuman ukuran galon bisa diganti bila rusak, hal itu poin positif dalam hal perawatan.

[Gambas:Youtube]
(fea)