Jelang Peluncuran, Situs Apple 'Bocorkan' Nama iPhone Baru

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 23:05 WIB
Jelang Peluncuran, Situs Apple 'Bocorkan' Nama iPhone Baru Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kurang dari dua jam lagi, perhelatan akbar Apple akan digelar. Dalam gelaran ini perusahaan yang dikepalai Tim Cook ini akan memperkenalkan iPhone baru hingga perangkat pendukung besutan Apple lainnya.

Sejak kehadiran ponsel terakhirnya tahun lalu, iPhone X, para fans Apple tak henti menantikan bocoran produk anyarnya. Semakin dekat hari peluncuran, rumor iPhone baru semakin santer terdengar.

Dilansir dari Reuters, jelang peluncuran iPhone baru telah terjadi kebocoran dari situs Apple. Berdasarkan pengamat sejauh ini bocoran yang ada menunjukkan bahwa mereka akan memberi nama XS Max untuk varian teratas, XS untuk model level berikutnya dan XR untuk versi entri.
Nama-nama itu pertama kali terlihat di halaman peta situs produk Apple oleh website teknologi ATH dan kemudian dikonfirmasi oleh The Verge.


Reuters sendiri tidak dapat secara independen memverifikasi konten sitemap karena tidak tersedia lagi.

Apple selama bertahun-tahun dikenal sangat rahasia tentang peluncuran produk baru, tetapi dalam beberapa tahun terakhir spesifikasi iPhone secara rutin menemukan jalan 'keluar' ke domain publik sebelum peluncuran.
Sebuah situs e-Commerce Jerman yang fokus dalam produk elektronik juga telah memasang gambar model-model baru di situs webnya.

"Apple telah mengirim beberapa dummies/ sampel kepada kami," kata seorang juru bicara Arktis.

"Tapi kami tidak tahu bagaimana Apple akan memanggil perangkat terbaru mereka. Itu hanya dugaan kami menamai mereka Apple Xr. "

Apple tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar.

Kapitalisasi pasar Apple telah melewati US$1 triliun (Rp14,7 kuadriliun) dan perusahaan perlu mempertahankan pertumbuhan pendapatan dari produk tanda tangannya jagoannya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat orang membeli ponsel yang lebih mahal.

Rumor mengatakan model baru ini diharapkan memiliki layar 6,5 inci (16,5-cm) dengan layar edge-to-edge dan layar OLED dengan warna yang lebih padat. Wall Street menargetkan harga iPhone anyar ini sekitar US$1.049 (Rp16,2 juta) atau US$ 1.099 versus ponsel awal mereka US$999 (Rp22,1 juta) untuk iPhone X.

Ponsel kedua dengan layar OLED 5,8 inci, akan mirip dengan iPhone X tetapi dengan prosesor yang ditingkatkan, dan menurut situs Apple akan disebut iPhone XS.

Model ketiga yang diharapkan dengan layar 6,1 inci paling menarik perhatian analis. Layar besar diharapkan menggunakan teknologi LCD berbiaya lebih rendah, tetapi lebih terlihat seperti iPhone X tahun lalu dibandingkan dengan iPhone 8, yang tampaknya mirip dengan ponsel yang kembali ke iPhone 6 tahun 2014. (Reuters/eks)