Apple Watch Series 4 Selipkan Teknologi Deteksi EKG

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 07:49 WIB
Apple Watch Series 4 Selipkan Teknologi Deteksi EKG Apple Watch 4 (Foto: Apple)
Jakarta, CNN Indonesia --
Akhirnya Apple mengumumkan pembaharuan dari mayoritas perangkatnya. Selain meluncurkan iPhone baru yakni iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr, Apple pun meluncurkan smartwatch terbarunya.

CEO Apple Tim Cook mengatakan jam pintar barunya ini akan menjadi perangkat yang 'lebih dekat' dengan penggunanya.  Apple Watch Series 4 ini mengalami perombakan desain utama dari debutnya lebih dari tiga tahun lalu. Layar jam pintar ini mengusung konsep edge-to-edge yakni layar yang melengkung hingga ujung.

Selain perubahan signifikan pada layar, Apple pun mengubah ukuran jam tangan dari tiga seri sebelumnya. Jika dahulu ada dua ukuran yakni 38mm dan 42mm, saat ini Apple melakukan 'sedikit' pembesaran.

Apple Watch Series 4 ini memilki opsi ukuran 40mm dan 44mm dengan layar 30 persen lebih besar. Dilengkapi dengan sistem operasi WatchOS5, jam tangan pintar ini bisa menampilkan lebih banyak informasi melalui aplikasi bawaan Apple.

Salah satu aplikasi yang terbaru Apple hadirkan dalam jam tangan ini adalah scanner EKG yang built-in dalam jam tangan. Apple menggunakan prosesor 64-bit S4 dual-core baru, yang dirancang khusus oleh tim perusahaan untuk meningkatkan kinerja.


Apple mengklaim akan dua kali lebih baik dari model sebelumnya. Perbaikan perangkat keras lainnya termasuk akselerometer dan giroskop yang diperbarui. Apple Watch Series 4 juga akan menyaring irama jantung untuk penyimpangan yang tampak seperti fibrilasi atrium, tetapi fitur baru sesungguhnya adalah kemampuan untuk mengambil elektrokardiogram (EKG).

Watch terbaru Apple akan menjadi produk EKG pertama yang ditawarkan secara langsung kepada konsumen, dan pengguna cukup membuka aplikasi dan meletakkan jari di tempat yang bisa mengukur EKG.

Apple telah menerima izin dari Food and Drug Administration (FDA) di AS untuk memungkinkan Watch untuk digunakan sebagai perangkat medis.

American Heart Association Dr. Ivor Benjamin mengatakan dia terinspirasi dengan pembaharuan Apple.

"Saya terinspirasi kepada komitmen apple untuk kesehatan. Ini mengubah gaya hidup dan membuat praktis dunia kesehatan," jelasnya.

Penampakan Apple Watch 4. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

Benjamin menjelaskan kemampuan akses EKG menjadi berubah.

"Kini heart failure dan stroke bisa dideteksi lebih mudah," papanya. Benjamin berjanji untuk mengedukasi agar jaga kesehatan.

"Produk heart insight seperti apple watch bisa membawa kita ke arah sana," tambahnya.

Apple juga memperbarui setiap bagian dari UI watchOS sehingga dirancang ulang untuk memanfaatkan tampilan yang lebih besar dan menampilkan lebih banyak informasi dalam aplikasi seperti foto, peta, dan kalender.

Apple membukan pre-order Apple Watch Series 4 pada Jumat (14/9) dan akan dikirimkan barangnya pada 21 September. Jam tangan ini akan dibanderol dengan harga mulai US$399 (sekitar Rp5,8 juta) untuk versi GPS dan US$499 (sekitar Rp7,2 juta) untuk model GPS + LTE.

[Gambas:Youtube]
(age/age)