Mencari Jejak Beetle di Antara Yahudi dan Nazi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 05:30 WIB
Mencari Jejak Beetle di Antara Yahudi dan Nazi Volkswagen Beetle generasi pertama. (REUTERS/Tiksa Negeri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Alfa dan Omega, setiap awalan pasti ada akhiran. Hal itu berlaku buat salah satu mobil terpopuler di dunia, Volkswagen Beetle. Napas pertamanya berhembus pada 1938, namun Volkswagen sudah memutuskan bakal mencabut denyut nadinya pada tahun depan.

Sebelum cerita 80 tahun buat model yang dirancang sebagai mobil masyarakat Jerman jaman Nazi ini dimulai, ada kisah latar belakang yang jarang diketahui. Hasil penelitian selama lima tahun seorang jurnalis asal Belanda menguak sebuah ironi bahwa ternyata rancangan Beetle terinspirasi desain mobil buatan insinyur keturunan Yahudi, Josef Ganz.

Artikel New York Times menjelaskan, sang jurnalis, Paul Schilperoord, merangkum tesis yang didukung dokumen dan foto tentang sejarah di belakang Beetle dalam buku "The Extraordinary Life of Josef Ganz: The Jewish Engineer Behind Hitler's Volkswagen" pada 2011.



Buku itu menantang pehamaman global tentang Beetle yang dianggap lahir dari buah pemikiran salah satu insinyur terkemuka asal Jerman, Ferdinand Porsche. Diktator Nazi Jerman Adolf Hitler sendiri yang merekrut Porsche untuk mewujudkan impiannya memiliki mobil murah buat rakyat Jerman.

Dalam halaman biografi pada situs josefganz.com menceritakan, Ganz lahir di Budapest pada 1 Juli 1898. Dia merupakan anak jurnalis Hugo Markus Ganz yang bekerja untuk surat kabar Frankfurter Zeitung and Neue Zürcher Zeitung.

Ganz pernah menjadi tentara Jerman saat Perang Dunia I (1914 - 1918). Sedari kecil dia sangat menyukai teknologi, paten pertamanya didapat pada usia 12.

Ganz sempat belajar tentang Mechanichal Engineering di Austria dan Jerman. Selama studi dia terinspirasi ide membuat mobil masyarakat yang dalam istilah Jerman disebut volkswagen, seharga sepeda motor.

Pada 1923 Ganz untuk pertama kalinya menciptakan sketsa mobil kecil empat roda, bermesin di tengah sasis, menggunakan suspensi independen, dengan lekuk bodi mengalir. Inspirasi sketsa itu, yang kemudian menjadi formula prototipe kreasinya pada masa mendatang, berasal dari Rumpler Tropfenwagen pada 1921.

Ganz tidak punya dana untuk mewujudkan sketsanya. Dia mengalihkan impian itu menjadi karya tulis di berbagai majalah otomotif. Setelah lulus studi pada 1927, Ganz menjadi pemimpin redaksi majalah Klein-Motor-Sport yang kemudian dia ganti namanya menjadi Motor-Kritik pada 1929.

Pada 1930, Ganz akhirnya sanggup membuat prototipe pertama mobil masyarakat ciptaannya. Produksinya dilakukan di pabrik sepeda motor Ardie di Neurenberg, kota terbesar kedua di Jerman.

Model prototipe kedua lahir pada 1931. Saat itu Ganz diangkat menjadi konsultan teknis produsen mobil dan motor Adler. Prototipe ini diberi nama Maikäfer (May Bug).

Kabar tentang May Bug menyebar dan mengundang banyak insinyur untuk mencobanya. Salah satu di antara insinyur itu adalah Porsche.

Kejadian itu berlangsung sebelum Porsche memulai pengembangan prototipe mobil masyarakat Type 12 untuk produsen motor Zündapp pada 1931. Type 12 merupakan cikal bakal Beetle versi grup produsen otomotif terbesar di Jerman saat ini, Volkswagen.

Setelah membuat dua prototipe untuk Ardie dan Adler, protipe Ganz yang ketiga diproduksi oleh produsen Standard Fahrzeugfabrik. Prototipe ketiga ini dinamakan Standard Superior, rancangannya berdasarkan paten milik Ganz.

Pada Februari 1933, Standard Superior dipamerkan di pameran otomotif di Berlin, Internationale Automobil- und Motorradausstellung (IAMA). Hitler yang membuka acara itu terpikat desain Standar Superior yang bakal dijual seharga 1.590 Reichsmark (mata uang Jerman pada 1924 - 1948). 


Karir Ganz Runtuh

Ganz yang tadinya tidak pernah masuk dunia politik mulai mendukung Jerman mempromosikan mobil kecil dan membangun jalan raya. Namun popularitasnya menginsiasi para rival mulai menggunakan pengaruh mereka dan membuat tuduhan palsu pada Ganz.

Saat banyak produsen mobil Jerman mulai menerapkan banyak ide-ide progresif dari Motor-Kritik, Ganz malah ditangkap oleh polisi rahasia Jerman, Gestapo, pada Mei 1933 atas tuduhan pemerasan di industri otomotif.

Ganz akhirnya bebas dari penjara, namun pesaingnya di Gestapo dan pemerintahan Jerman secara sistematis sudah menghancurkan karirnya.

Ganz kabur dari Jerman pada Juni 1934. Pada bulan itu Hitler menobatkan Porsche untuk mewujudkan ide mobil masyarakat.

Standard Fahrzeugfabrik yang kemudian meluncurkan Standard Superior dilarang menggunakan kata volkswagen dalam promosinya.

Pada 1935, Ganz tinggal di Swiss. Idenya soal mobil masyarakat pernah coba dibantu pemerintah Swiss. Prototipe mobil masyarakat Swiss pernah dibangun pada 1937 dan 1938 dan direncanakan diproduksi massal.

Namun, setelah Perang Dunia II (1935 - 1945) mulai, Ganz mendapat ancaman serius lagi dari Gestapo dan para pejabat resmi Swiss yang menginginkan proyek itu buat mereka.

Ganz sempat berusaha membawa Jerman dan Swiss ke pengadilan. Namun mati rasa dari proses pengadilan yang berlangsung selama lima tahun, Ganz terpaksa kabur dari Swiss kemudian pindah ke Paris. Ganz bekerja untuk produsen kecil di Paris, Automobiles Julien, namun tidak pernah sampai menjadi pesaing Volkswagen.

Pada 1951, Ganz memutuskan pindah ke Australia. Dia sempat bekerja untuk General Motors - Holden selama beberapa tahun.

Kesehatannya memburuk karena kena beberapa kali serangan jantung pada awal 1960-an. Ganz meninggal pada 1967 di Australia. (fea/mik)