Sony 'Lahirkan' Kembali PlayStation Satu Versi Mini

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 10:49 WIB
Sony 'Lahirkan' Kembali PlayStation Satu Versi Mini Perbandingan Sony PlayStation 2018 dan PlayStation 1994. (Foto: Dok. Sony via asia.playstation.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan elektronik Sony memberi sebuah kejutan kecil bagi para pecinta gim, khususnya mereka yang lahir di era 1980-an hingga 1990-an. Pada Selasa (18/9) Sony mengumumkan pihaknya akan merilis versi mini dari PlayStation generasi pertama yang dirilisnya hampir 24 tahun yang lalu.

Dalam sebuah postingan blog resmi, Sony menjelaskan bahwa konsol gim yang diberi nama PlayStation Classic ini memiliki ukuran 45 persen lebih kecil, tetapi dengan tampilan luar yang sama persis dengan aslinya.

[Gambas:Youtube]


Saat membeli PlayStation Classic, pengguna juga bakal mendapatkan dua buah joystick, sebuah kabel HDMI untuk menghubungkan konsol ke monitor, dan sebuah kabel USB.

Selain itu, konsol ini juga akan dibundel dengan 20 gim klasik khas generasi pertama PlayStation, antara lain Final Fantasy VII, Jumping Flash, Ridge Racer Type 4, Tekken 3, dan Wild Arms.

Jika dulu para pengguna PlayStation generasi pertama harus menyimpan seluruh data permainannya pada kartu memori fisik, nantinya data permainan pada PlayStation Classic akan disimpan pada sebuah kartu memori virtual.
PlayStation Classic saat ini sudah dapat di-preorder dengan harga US$99,99 (sekitar Rp1,5 juta) di sejumlah situs e-commerce seperti Amazon, Walmart, dan BestBuy. Konsol gim ini bakal tersedia pada 3 Desember 2018, tepat pada hari jadi ke-24 PlayStation generasi pertama (rbc/age)