Melihat 'Jeroan' iPhone XS

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 19:33 WIB
Melihat 'Jeroan' iPhone XS iPhone XS dan XS Max mulai dijual perdana hari ini (21/9) di 30 negara. (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walau perangkat ponsel anyar iPhone X dan iPhone XS memiliki tampilan luar yang nyaris persis, ternyata tidak demikian pada bagian dalam ponsel.

Portal FixjeiPhone asal Belanda membongkar salah satu dari tiga ponsel iPhone yang baru dirilis pada 12 September lalu. Di dalamnya ditemukan bahwa baterai yang digunakan pada perangkat iPhone XS berbeda dari baterai yang dibenamkan di iPhone X.

Dengan peluncuran iPhone X tahun lalu, Apple memperkenalkan teknologi baterai besar dengan menggunakan desain baterai berbentuk huruf 'L' yang terdiri dari dua bagian baterai.


Untuk iPhone XS, pada dasarnya Apple masih menggunakan teknologi yang sama, tetapi dengan bentuk fisik baterai yang berbeda. Tidak seperti iPhone X, baterai iPhone XS hanya terdiri dari satu bagian yang memang berbentuk seperti huruf 'L.'

Tak terdapat perbedaan secara fungsional antara kedua baterai ini. Tetapi perlu dicatat bahwa iPhone XS memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, yakni sebesar 2.658mAh ketimbang kapasitas baterai iPhone X dengan 2.716mAh.



Kendati demikian, pada peluncurannya Apple mengumumkan bahwa cipset baru yang dibenamkan dalam iPhone XS memungkinkan baterainya untuk bertahan sekitar 30 menit lebih lama daripada iPhone X.

Mengutip Apple Insider, perbedaan lain yang tak terlalu signifikan antara 'jeroan' iPhone X dan iPhone XS terletak pada ukuran modul kamera.

Komponen bagian atas yang berisi kamera wide-angle milik iPhone XS sedikit lebih besar daripada milik iPhone X, karena pembaruan sensor yang memang diperbesar hingga 20 persen. (RBC/evn)