Generasi Baru 'The Beast' Pengawal Donald Trump Unjuk Diri

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 10:50 WIB
Generasi Baru 'The Beast' Pengawal Donald Trump Unjuk Diri Generasi kedua 'The Beast' alias limousine Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (Foto: REUTERS/Mike Segar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kini punya mobil kepresidenan baru. Debut publik model limousine yang dijuluki 'The Beast' itu sudah dilakukan saat iring-iringan Trump di New York pada pekan ini.

The Beast terbaru yang diketahui telah dikembangkan sejak 2013 itu terlihat ketika Trump konvoy menuju Trump Tower. Setelah itu mobil yang dikembangkan General Motors ini muncul lagi saat Trump menuju Sidang Umum PBB di New York, Senin (24/9).

Autoblog menjelaskan pengembangan generasi kedua The Beast ini menghabiskan dana US$15,8 juta (kini sekitar Rp235,4 miliar). Kemungkinan besar, tidak hanya ada satu unit The Beast yang diproduksi atas alasan cadangan ataupun pengalihan.


Pada generasi kedua bagian wajah mirip Cadillac CT6 V-Sport, namun kadar kemiripannya mungkin hanya sampai situ. The Beast sebenarnya tidak cocok disebut mobil karena dirancang menggunakan basis truk.

Banyak informasi soal spesifikasi The Beast, misalnya seperti bodi baja tebal, lantai anti bom, sampai kemampuannya berjalan tanpa roda terisi udara. Namun sesungguhnya spesifikasi itu akan tetap menjadi rahasia karena sampai sekarang tidak ada pihak yang secara resmi membeberkannya. 

Meski begitu satu hal diketahui, yakni The Beast menggunakan mesin diesel yang sanggup menggerakan seluruh bobotnya yang mencapai 9 ton.


EMB-Limousine Terbaru Donald TrumpGenerasi kedua 'The Beast' alias limousine Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. (Foto: REUTERS/Mike Segar)

Reuters
 menceritakan, generasi pertama The Beast pertama kali muncul pada 2009, sebelum Barack Obama resmi bekerja di Gedung Putih. Obama pernah mengatakan kendaraan yang mengawalnya selama menjabat itu sebagai 'mobil golf berbasis sasis tank'. Dikatakan Obama juga dia bisa memanggil kapal selam nuklir dari lewat telepon di kabin.

General Motors memenangkan kontrak US$15,8 juta untuk dua fase pengembangan mobil kepresidenan dari 2014 hingga 2017, menurut catatan kontrak federal. Namun belum jelas apakah nilai itu mewakili seluruh pengembangan.

Pada 2010 General Motors mendapatkan kontrak US$35 juta (kini sekitar Rp 522,3 miliar) dari Secret Service untuk tambahan limosine kepresidenan. General Motors mendapatkannya setelah Ford mengundurkan diri dari persaingan.

Sejak 1980an, mobil kepresidenan AS berubah menjadi Cadillac menggantikan Lincoln.
General Motors tidak pernah mau membahas soal The Beast terbaru.

Wajah The Beast terbaru terlihat pertama kali di media sosial ketia akun Twitter The Secret Service mengunggah fotonya pada Minggu (23/9).

[Gambas:Instagram] (gfs/fea)