Sambut iPhone Baru, XL Klaim Siap Terapkan eSIM

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 08:32 WIB
Sambut iPhone Baru, XL Klaim Siap Terapkan eSIM Ilustrasi kartu SIM. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL Axiata mengklaim siap mengimplementasikan teknologi eSIM di Indonesia. Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan pihaknya siap menjalankan teknologi tersebut. 

"Secara teknis  kita sudah siap. Tinggal kita menunggu persiapan saja kapan regulasi, kalau dijalanin kita siap jalanin," ujar Tri di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Jumat, (28/9).

Menurut Tri, XL tinggal menunggu regulasi dari pemangku kebijakan terkait teknologi eSIM. XL percaya diri secara teknis bisa menjalankan eSIM apabila sudah ada regulasi. 


" Tinggal kita menunggu persiapan aja kapan regulasi, kalau dijalankan kita siap jalan. Kalau misalnya belum, ya kita tidak. Tidak mungkin jalan tanpa regulasinya," kata Tri

Tri mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba implementasi eSIM dari awal tahun. Tri juga mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan berbagai produsen ponsel. 

"Uji coba itu melibatkan partner-partner vendor . Secara teknis ya dari awal apa akhir tahun. Kita udah langsung uji coba teknologi secara teknia depannya," tutur Tri. 

Lebih lanjut terkait sisi komersial dari eSIM lebih ke arah Business to Business (B2B) antara produsen ponsel dengan operator . Akan terjadi pembicaraan ke arah bundling  yang lebih besar terkait sisi komersial. 

eSIM memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengganti operator tanpa harus menggunakan kartu SIM fisik atau ke gerai. 

Fitur eSIM diadopsi oleh Apple untuk ketiga ponsel terbarunya yakni iPhone XS, XS Max, dan XR. Apple menyematkan SIM ganda pada ponsel terbarunya, salah satunya merupakan eSIM. (jnp/evn)