Netizen Ajak Kontemplasi di #HariKesaktianPancasila

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 10:00 WIB
Pengguna Twitter mencuitkan untuk kembali memahami pentingnya nilai Pancasila di Hari Kesaktian Pancasila. 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober setiap tahunnya kembali digaungkan pengguna internet lewat lini masa Twitter. Tagar #HariKesaktianPancasila dan #PancasilaSakti digaungkan netizen pada Senin (1/10).

Kedua tagar tersebut memuncaki trending topic di Indonesia dengan lebih dari 25 ribu cuitan. Netizen kembali mengingatkan pentingnya nilai-nilai yang diusung Pancasila untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.














Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada 1 Oktober setiap tahunnya yang berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965. Pada hari itu, enam Jenderl dan seorang Kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh secara keji oleh sejumlah oknum.

Hingga kini insiden tersebut masih menjadi perdebatan, meski pemerintah mengklaim tindakan tersebut sebagai upaya kudeta terhadap pemerintah.

Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) dan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (evn)