Kominfo Kirim Tambahan 50 Telepon Satelit Pascagempa Palu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 19:51 WIB
Kominfo Kirim Tambahan 50 Telepon Satelit Pascagempa Palu Kondisi pesisir Pantai Talise pasca gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengirimkan tambahan 50 telepon satelit untuk komunikasi penanganan tsunami Palu.

Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengungkapkan pengiriman tersebut sedang berlangsung.

"Sebanyak 50 telepon satelit yang pernah digunakan untuk sarana komunikasi penanganan gempa Lombok direlokasi untuk kebutuhan penanganan gempa Sulawesi Tengah," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (1/10).
Ferdinandus menambahkan sebelumnya sebanyak 31 unit telepon satelit yang telah disediakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) sudah didistribusikan ke posko. Pendistribusian ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Danrem setempat.


Dia menambahkan pihaknya telah melakukan pemasangan dua perangkat Internet satelit berupa VSAT Bakti-Lintasarta di Posko Utama Korem Tadulako dan Posko Media Bakti Kominfo Rujab Gubernur Siranindi.

Selain itu, operator seluler pun sedang berupaya membenahi jaringan telekomunikasi di Palu. Selain itu, ketiga operator seluler tersebut juga menambah personil di lapangan dengan mengirimkan tim tambahan dari daerah sekitar Sulwaesi Tengah seperti dari Makassar, Palopo, dan Poso untuk mempercepat proses recovery BTS. (age/age)