Mitsubishi Ungkap Hasil Investigasi Xpander Terbakar di Riau

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 15:45 WIB
Mitsubishi Ungkap Hasil Investigasi Xpander Terbakar di Riau Mitsubishi Xpander (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim investigasi yang dikirim Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk menyelidiki kejadian Xpander terbakar di Pekanbaru, Riau, sudah menemukan konklusi. Ditemukan bahwa Xpander yang hangus sudah mengalami modifikasi kelistrikan.

"Kelihatannya ternyata memang sudah ada modifikasi tertentu. Terdapat kabel yang tidak standar menempel di aki. Konsumen juga sudah mengakui telah memodifikasi kendaraannya," ucap Deputy Group Head Planning & Communication MMKSI Intan Vidiasari di Jakarta, Rabu (3/10).

Masalah korsleting kelistrikan diduga menjadi penyulut kebakaran Xpander. Seperti terlihat pada unggahan di media sosial, api kemungkinan besar berasal dari kap mesin.


Xpander yang terbakar dipastikan unit baru yang dibeli tunai dengan catatan pemakaian sekitar 1.000 km. Konsumen Xpander saat ini dikatakan sedang dalam proses pengurusan asuransi.

MMKSI memberikan Xpander pengganti kepada konsumen untuk digunakan beraktivitas selama pengurusan klaim asuransi. Intan menjelaskan investigasi tim khusus telah dihentikan.

MMKSI mengimbau kepada pihak dealer memantau perihal modifikasi yang sudah dilakukan konsumen. Terutama pada bagian kelistrikan yang disebut sangat berisiko memicu terjadinya hal buruk. (fea/mik)