Honda 'Buang' Rp42,4 Triliun Kembangkan Mobil Otonom

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 19:53 WIB
Honda 'Buang' Rp42,4 Triliun Kembangkan Mobil Otonom Kabin mobil Honda. (Foto: Dok. Honda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda telah bergabung dengan perusahaan teknologi General Motors, Cruise untuk mengembangkan bersama kendaraan otonom (bergerak otomatis tanpa pengemudi).

Perusahaan otmotif Jepang, Honda membuat investasi ekuitas 750 juta dolar AS di Cruise LLC, yang bernilai lebih dari 14 miliar dolar AS, menurut GM, dan berencana mengucurkan dana hingga US$2,8 miliar (sekitar Rp42,4 triliun) untuk proyek ini hingga 2030.

Cruise telah menguji mobil listrik Chevrolet Bolt EV yang dilengkapi dengan teknologi self-driving di beberapa negara bagian, dan berencana meluncurkan layanan pendaratan mandiri tahun depan dilansir Antara, Kamis (4/10).


Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Eksekutif Honda COO Seiji Kuraishi, menambahkan bahwa versi mobil tanpa setir diturunkan pada bulan Januari 2019.

"Honda memilih untuk berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors berdasarkan kepemimpinan mereka dalam teknologi kendaraan otonom, listrik dan visi bersama kami tentang nol-emisi dunia tanpa-tabrakan," katanya, sebagaimana dikutip dari Fox News, Rabu (3/10).

Sebuah teaser rendering dari kendaraan yang diusulkan yang menyertai pengumuman menunjukkan bahwa ia memiliki kabin tegak lurus, persegi panjang dan ujung depan tumpul tanpa tudung, tampaknya untuk memaksimalkan ruang penumpang.

Tidak ada rincian teknis atau jadwal waktu untuk peluncuran kendaraan yang telah diungkapkan. (mik)