Esemka Disebut Daftarkan Mobil Listrik ke Kemenperin

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/10/2018 17:03 WIB
Esemka Disebut Daftarkan Mobil Listrik ke Kemenperin Aktivitas produksi mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: Screenshot via Instagram/@fxsuryadi77)
Jakarta, CNN Indonesia -- Esemka turut mendukung percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Kabar terbaru dihimpun CNNIndonesia.com, bahkan Esemka ikut mendaftarkan mobil listrik yang mereka punya ke Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) dikelola Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Demikian disampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika saat ditemui dalam Forum Diskusi Kendaraan Listrik yang diadakan detikcom dan CNNIndonesia.com di 100 Eatery and Bar, Hotel Century, Jakarta, Kamis (4/10).

Putu belum dapat menjelaskan secara detail terkait progres mobil 'hijau' dari Esemka ini. Kendati demikian, menurut Putu, Esemka telah menunjukkan komitmennya mengembangkan kendaraan listrik, seperti agen pemegang merek (APM) lain di Indonesia.


"Terakhir itu ada kendaraan listrik dari Esemka," kata Putu.

Ia menjelaskan, selain mendaftarkan mobil listrik, model Esemka lain yang akan diproduksi massal telah terdaftar di Kemenperin. Ada dua mobil penumpang yang terdaftar, dan itu sudah siap ke tahap produksi.

"Modelnya apa, nanti saya cek lagi. Tapi kalau yang dua ini sudah siap produksi karena Sertifikat Uji Tipe (SUT) udah selesai," katanya.

Masih Terus Berjuang untuk Diakui

Putu belum dapat mengkonfirmasi nama perusahaan yang mengembangkan bersama mobil nasional Esemka. Namun, ia memastikan bahwa pemerintah terus mendorong Esemka untuk menjadi perusahaan otomotif nasional.

Selama ini diketahui fasilitas produksi Esemka berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Pemeritah menyarankan pengembangan kendaraan Esemka harus dilakukan di dalam negeri dan menggunakan banyak vendor lokal.

"Itu seperti jok, pelek, dan beberapa komponen lain pakai yang dari Indonesia. Dan nanti kami akan fasilitasi pertemukan Esemka ke industri komponen," tutup Putu.

Infografis EsemkaInfografis Esemka. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)


(ryh/mik)