7 Pembaharuan dalam Google Pixel 3 dan 3 XL

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 08:55 WIB
7 Pembaharuan dalam Google Pixel 3 dan 3 XL Peluncuran Google Pixel 3. (Foto: REUTERS/Shannon Stapleton)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah diramaikan oleh bocoran Google Pixel 3, Google akhirnya resmi meluncurkan ponsel anyarnya di New York, Selasa (9/10) waktu setempat.

The Verge melaporkan bahwa ponsel Pixel 3 dan 3 XL itu kurang lebih sama dengan yang selama ini bocor di media sosial, yaitu layar 3 inch untuk Pixel 3 dan 6,3 inch untuk 3 XL. Tak seperti ponsel pintar di pasaran, Pixel 3 dan 3 XL hanya memiliki satu kamera belakang. Namun, kedua ponsel ini memiliki dual kamera depan untuk selfie wide angle.

Ponsel Google generasi ketiga ini dibanderol US$799 atau setara Rp12,1 juta. Harga ini lebih mahal US$150 atau Rp2,2 juta dari seri sebelumnya. Sedangkan untuk tipe 3 XL dibanderol US$899 atau setara Rp13,7 juta. Harga ini lebih mahal US$50 atau sekitar Rp700 ribu dari seri pendahulunya.
Jika dilihat dari sisi harga, ponsel flagship Google ini dibanderol lebih murah dibandingkan Apple atau Samsung. Pixel 3 akan menampilkan kekuatan kamera seperti seri pendahulunya dan pembaharuan Android lebih cepat dari ponsel manapun.


Google akan mendukungnya dengan pembaruan selama tiga tahun setelah rilis, yang merupakan komitmen yang lebih lama untuk fitur-fitur baru dan patch keamanan dari banyak mitra Android-nya yang akan dikelola.

Berikut 7 hal yang membedakan Pixel 3 dan 3 XL dari pendahulunya:
1. Layar
Ponsel ini akan memiliki layar yang lebih bagus terutama untuk tipe XL. Ponsel ini akan yang mendapatkan blue shift dan warna yang diredam. Google telah menempatkan lebih banyak pekerjaan ke kalibrasi kali ini.

Ponsel ini pun memiliki tampilan yang lebih besar yakni masing-masing 6,3 inci dan 5,5 inci.

2. Kamera belakang
Google Pixel 3 dan 3 XL meningkatkan kemampuan kamera belakang. Google membawa banyak fitur perangkat lunak baru ke kamera ponsel flagshipnya.

Selain perangkat lunak, dari sisi perangkat keras kamera pun mengalami banyak pembaharuan. Perusahaan mengatakan kepada Wired bahwa Pixel 3 menggunakan sensor yang lebih baru, dan Android Central mengatakan itu menangkap jangkauan dinamis yang lebih besar. Jumlah megapikselnya sama, tetapi unit kamera tidak.

3. Dua kamera di depan
Menambahkan kamera selfie sudut-lebar kedua tentu saja menaikkan biaya Pixel 3.
7 Pembaharuan dalam Google Pixel 3 dan 3 XLPenampakan Google Pixel 3 dan 3 XL. (Foto: Reuters/Shannon Stapleton)

4. Pembaharuan premium
Ponsel ini akan dilapisi kaca dengan bahan matte. Material ini akan lebih mahal dibandingkan mengkilap atau menggunakan aluminium. Selain itu, Google pun menambahkan pengisian nirkabel ke Pixel 3 yang merupakan fitur tak dimiliki oleh pendahulunya.

5. Lebih banyak band LTE
Dari sisi jaringan, Pixel 3 mendukung band LTE band 71 yang memberikan dukungan penuh untuk spektrum 600MHz.

6. Baterai lebih besar
Baterai yang lebih besar di Pixel 3. Pixel 3 berukuran biasa memiliki baterai 2.915 mAh dibandingkan dengan 2.700 mAh di Pixel 2 tahun lalu.

7. Cip Titan M Security
Cip ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan pemilik Pixel 3 beberapa langkah di luar perangkat keras keamanan yang ada di Pixel 2.
Selain pembaharuan, adapula 3 hal yang Google nilai tak perlu diubah dari ponsel flagshipnya tersebut.

1. Penyimpanan bawaan
Pengguna masih memilih antara 64GB atau 128GB penyimpanan dengan Pixel 3, yang sama dengan tahun lalu.

2. RAM 4GB
Itu jumlah memori yang sama dengan Pixel 2 dan 2 XL tahun lalu. Padahal saat ini ponsel Android lainnya telah menetapkan besarana antara 6GB dan 8GB.

3. Baterai yang lebih kecil di Pixel 3 XL
Model yang lebih kecil mendapatkan baterai besar, sementara yang lebih besar kehilangan sedikit kapasitas. Pixel 3 XL memiliki kapasitas baterai 3.430mAh. Kapasitas ini sedikit lebih kecil daripada 2 XL yakni 3.520mAh. (age/age)