Kim Jong Un Punya Mobil Baru, Merek Mewah Inggris

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 15:40 WIB
Kim Jong Un Punya Mobil Baru, Merek Mewah Inggris Logo Rolls-Royce. (Foto: REUTERS/Samrang Pring)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terpantau menumpangi mobil berwarna hitam saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo di Pyongyang pada pekan lalu. CNN.com memberitakan, dari hasil analisa para ahli, mobil itu diduga kuat produk merek mewah asal Inggris, Rolls-Royce.

Logo Rolls-Royce yang ikonik terlihat pada pelek model yang bisa dipahami bernama Phantom. Penelusuran dilakukan menggunakan hasil rekaman video yang memperlihatkan Kim berjalan dari pintu untuk menjabat tangan Pompeo.





Rolls-Royce bisa sampai di tangan Kim memunculkan pertanyaan soal asal-usulnya. Pasalnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah menjatuhkan sanksi pelarangan penjualan mobil dan barang mewah kepada pemerintah Korea Utara.

Kenyataan Kim menggunakan mobil mewah saat bertemu Pompeo bisa dikatakan sebagai tamparan buat diplomat AS. Di bawah perintah Donald Trump, AS bersikeras komunitas internasional menerapkan sanksi-sanksi PPB hingga Korea Utara melucuti senjata nuklir.

Kim Jong Un Punya Mobil Baru, Merek Mewah Inggris Rolls-Royce Phantom. (Foto: Ethan Miller/Getty Images/AFP)


Cerita mobil mewah dengan Kim ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, Kim pernah terlihat beberapa kali menggunakan limousine berlogo Mercedes-Benz.

Salah satu momennya yakni saat Kim bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada April lalu. Limousine itu dipercaya Mercedes-Maybach Pullman Guard. Kendaraan berlapis baja ini punya label harga setidaknya Rp1 juta dollar AS (Rp15,2 miliar). (fea/mik)