Adopsi iOS 12 Melesat Lebih Cepat dari iOS 11

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 15:40 WIB
Adopsi iOS 12 Melesat Lebih Cepat dari iOS 11 Apple mencatat adopsi iOS 12 lebih cepat dibanding iOS 11. (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak digulirkan secara resmi pada pertengahan September lalu, angka adopsi iOS 12 tercatat sudah lebih dari 50 persen populasi pengguna perangkat besutan Apple. Hingga saat ini iOS 12 sudah hingga 53 persen pengguna.

Apple mencatat angka adopsi kali ini merupakan yang tercepat selama empat tahun terakhir.

Setahun silam saat merilis iOS 11, Apple butuh waktu lebih lama untuk mencapai angka adopsi sebanyak 52 persen. Saat itu, Apple butuh waktu sekitar dua bulan untuk bisa memiliki pengguna iOS 11 lebih dari 50 persen.


Jika dirinci, perusahaan analitik Mixpanel mencatat saat ini sekitar 47,6 persen pemilik perangkat Apple telah memakai iOS 12, sedangkan 45,6 persen lainnya memakai iOS 11. Sisanya diketahui masih menggunakan peranti lunak lawas.

Mengutip Techcrunch, secara rinci Apple juga mencatat pengguna iOS 12 sebanyak 53 persen, iOS 11 sebanyak 4- persen, dan sisanya sebanyak 7 persen merupakan pengguna iOS lawas.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, AS ini mulai menggulirkan pembaruan iOS 12 untuk pengguna iPhone dan iPad sejak 17 September silam. Selain bisa mendapat pembaruan secara otomatis, pemilik iPhone dan iPad juga bisa melakukannya melalui menu settings - general - software update atau dengan menghubungkan ke Mac atau komputer.

Bukan hanya memperbaiki aspek performa, Apple juga memboyong sekitar tujuh fitur baru pada sistem operasi iOS 12.

Tujuh fitur baru tersebut antara lain peningkatan performa, aplikasi untuk melaporkan aktivitas penggunaan harian, group Facetime, Siri yang diklaim lebih baik, peningkatan keamanan, messages dan memoji, serta fitur 'do not disturb' untuk mensetop segala bentuk pesan masuk dalam waktu tertentu. (evn)