Ungkapan Duka Netizen untuk Wim Kok

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 21/10/2018 10:57 WIB
Ungkapan Duka Netizen untuk Wim Kok Mantan Perdana Menteri Belanda Wim Kok tutup usia pada Sabtu (20/10) (Foto: REUTERS/Jerry Lampen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Perdana Menteri Belanda Wim Kok tutup usia pada Sabtu (20/10). Netizen pun ramai memberikan komentar turut berduka serta ucapan doa di jejaring sosial.

Menurut sejumlah netizen, Kok adalah sosok dengan pemikiran cerdas yang memengaruhi perubahan Belanda pada 1990.

Pengguna twitter, yaitu Matt Steinglass mengatakan Kok memiliki kepimpinan yang kuat dalam hal pemikiran tentang demokrasi.




Kok salah satu pemimpin yang memancing banyak kontroversi di berbagai kalangan, yaitu ketika memimpin mengesahkan legalisasi pernikahan sesama jenis di Belanda.



Pemilik akun lain, yaitu Udo Bullman mengaku tidak akan pernah melupakan seorang politikus yang hebat, Wim Kok.



Kok wafat dunia dalam usia 80 tahun. Ia meninggalkan istrinya, Rita, serta tiga anak.

Karier politik Kok berakhir secara dramatis dengan pengunduran diri besar-besaran pada kabinetnya terkait peranan militer Belanda sebagai pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa di Bosnia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institute for War, Holocaust and Genocide Studies Belanda, pemerintahan pimpinan Kok bertanggung jawab atas pengiriman pasukan Belanda, yang dilengkapi dengan persenjataan ringan, untuk mempertahankan Srebrenica, yaitu wilayah aman di Bosnia yang ditetapkan PBB. (mik)


ARTIKEL TERKAIT