Pre-order iPhone Xr Kurang Diminati

CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 12:03 WIB
Pre-order iPhone Xr Kurang Diminati Pemesanan iPhone Xr telah resmi dibuka. (Foto: Apple)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple akhirnya membuka pemesanan untuk iPhone Xr secara resmi lewat situs resminya setelah tertinggal lebih dari sebulan dari dua seri lainnya, iPhone Xs dan Xs Max.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan pemesanan iPhone Xr ternyata tak sebaik dua 'saudara kandungnya'. Ketertarikan calon pembeli iPhone Xr diketahui terus merosot sejak diluncurkan pada pertengahan September lalu.

Kendati demikian, Apple terus mendorong pengapalan iPhone Xr ke sejumlah negara lantaran optimis pengguna iPhone 8 atau generasi sebelumnya akan beralih.


Kuo menambahkan perkiraan pengiriman iPhone Xr untuk semua model ternyata tidak membuat pasokan cepat habis. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan pelanggan jauh di bawah ekspektasi perusahaan.

Melihat hal tersebut, Kuo mengatakan tak terkejut dengan torehan angka pengiriman awal iPhone Xr. Meski ia tak memungkiri jika target segmen iPhone Xs dan Xr berbeda.

"Target pelanggannya adalah penggemar Apple yang segera mengganti ponsel mereka dengan model terbaru setelah pre-order dibuka. Disamping itu, Apple juga membidik pengguna yang ingin menggunakan Apple namun memiliki keterbatasan biaya," jelas Kuo seperti dilansir Macrumors.

Selain Kuo, analis lain juga mengungkapkan kekhawatiran dengan angka penjualan dan pengapalan iPhone Xr yang tak sesuai ekspektasi.

Kendati demikian, Kuo mengaku optimis permintaan iPhone Xr akan lebih tinggi dibandingkan iPhone 8 yang dirilis September 2017 lalu. Ia juga menyebut pengiriman iPhone Xr diperkirakan bisa mencapai 36 hingga 38 juta unit pada kuartal keempat 2018, naik 10 persen dari estimasi semula yang hanya 33 hingga 35 juta unit. (evn)