Akhiri Masa Vakum, Honda Mulai Ekspor Brio Tahun Depan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 03:10 WIB
Akhiri Masa Vakum, Honda Mulai Ekspor Brio Tahun Depan Generasi kedua Honda Brio. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan rencana ekspor generasi kedua Brio. Tidak disebutkan waktu pasti pengapalan dimulai, tapi menurut pernyataan Honda Brio mulai dikirim pada paruh pertama 2019.

Melalui keterangan resmi, Rabu (24/10), Honda menyatakan Vietnam akan menjadi negara pertama yang mendapat kiriman Brio. Bukan hanya itu, Honda juga menjelaskan tahap selanjutnya ekspor akan dilakukan ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara.

"All New Honda Brio diproduksi dengan standar kualitas Internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia. Karena itu, ekspor Honda Brio dari Indonesia ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari komitmen Honda untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas bagi konsumen di seluruh dunia," kata Presiden Ditektur HPM Takehiro Watanabe.


Vakum Ekspor Sejak Freed

Generasi kedua Brio sudah mendebut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu. Mobil ini hadir dengan platform dan desain baru.

Dibanding generasi pertama, Brio melar 6cm, ruang bagasi bertambah menjad 84 liter, dan pintu belakang tidak lagi sepenuhnya kaca agar lebih menjamin keselamatan.

Desain generasi kedua Brio dikembangkan oleh Honda R & D Asia Pacific Co., Ltd dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di dalam negeri pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) dan city car. Brio diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Pengumuman rencana ekspor Brio juga mengakhiri vakumnya ekspor Completely Built Up (CBU) Honda dari Indonesia. Produk ekspor CBU terakhir Honda adalah MPV pintu geser Freed yang sudah berhenti diproduksi dan dijual pada 2016 lalu. (ryh/fea)


BACA JUGA