Facebook Kehilangan Jutaan Akun di Eropa

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 03:36 WIB
Facebook Kehilangan Jutaan Akun di Eropa Facebook kehilangan jutaan akun di Eropa dalam waktu tiga bulan terakhir. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook dikabarkan telah kehilangan jutaan akun di Eropa dalam waktu tiga bulan terakhir. Jumlah penduduk Eropa yang aktif menggunakan Facebook menurun dari 279 ke 278 juta setiap harinya dan pengunjung dalam waktu sebulan menurun dari 376 menjadi 375 juta.

Perusahaan jejaring sosial terbesar Facebook tengah mengalami permasalahan dengan sistem keamanannya selama hampir satu tahun ini. Berawal dari skandal Cambridge Analytica pada Maret, hingga kebocoran data akun penggunanya sebanyak 29 juta pada bulan lalu.

Kendati demikian, CEO Facebook Mark Zuckerberg tetap menilai positif tentang masa depan perusahaannya.


"Komunitas dan bisnis kami tetap meningkat dengan cepat, sekarang sudah lebih dari dua miliar orang menggunakan setidaknya satu dari layanan kami setiap harinya," ujar Zuckerberg dikutip dari Independent.co.uk, Rabu (31/10).

Walaupun pengguna sebagian negara dikabarkan banyak yang berhenti menggunakan Facebook, namun jumlah pengguna secara global masih terus meningkat secara perlahan, dengan lebih dari 2,2 miliar akun setiap bulan.

CEO Facebook juga menambahkan bahwa mereka saat ini sedang berusaha untuk membangun serta meningkatkan sebuah layanan terbaik, seperti chating dan story. Tak hanya itu, Ia juga mengatakan bahwa masih ada peluang besar nantinya dalam video dan perdagangan.

Mengingat adanya kelemahan keamanan pada platform miliknya, baru-baru ini Facebook dikabarkan akan mengakuisisi beberapa perusahaan keamanan siber ternama untuk meningkatkan sistem keamanan miliknya.

Vice President of Product Management Facebook Guy Rosen juga mengatakan perusahaan telah bekerja sama dengan FBI untuk mencari tahu siapa pelaku atas peretasan tersebut. (gfs/mik)