Kominfo Kembali Ungkap Dua Hoaks Jatuhnya Lion Air JT-610

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 06:35 WIB
Kominfo Kembali Ungkap Dua Hoaks Jatuhnya Lion Air JT-610 Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menemukan hoaks terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT-610. Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan Kominfo pada 31 Oktober menemukan dua informasi hoaks di media sosial Twitter dan Youtube.

Pria yang akrab dipanggil Nando ini mengatakan hoaks pertama adalah video yang berisi transkrip rekaman pilot dan co-pilot dengan judul "KASIHAN...!!!. Transkrip rekaman ini Pilot dan Co-Pilot dari kotak hitam ''Black Box'' detik-detik kecelakaan pesawat yang diduga milik pesawat Lion Air JT- 610."

[Gambas:Youtube]


Nando mengatakan video tersebut tidak hubungannya terkait dengan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta - Pangkal Pinang pada tanggal 29 oktober 2018.
"Faktanya, video tersebut merupakan rekaman Black Box Pesawat Air Asia QZ 8501 pada tanggal 9 Januari 2015," kata Nando dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (31/10).

Dari segi konten Nando mengatakan memang tidak ada unsur hoaks karena tidak ada disinformasi dan unsur menyesatkan.

"Akan tetapi apabila di share ulang ke sosmed dengan deskripsi atau di hubungkan dengan kejadian kecelakaan Pesawat JT-610 baru akan menjadi konten Hoax," kata Nando.
Sama seperti yang pertama, hoaks kedua adalah rekaman blackbox saat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. Nando kembali mengatakan rekaman tersebut tidak berhubungan dengan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Faktanya, rekaman blackbox yang benar adalah rekaman dari blackbox pesawat Adam air Flight 574 rute penerbangan Surabaya-Manado bukan rekaman blackbox lion air JT-610," kata Nando. (jnp/age)