IMOS 2018

Garansindo Lepas Kepemilikan Peugeot di Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 00:26 WIB
Garansindo Lepas Kepemilikan Peugeot di Indonesia Peugeot Motocycles Indonesia di Indonesia Motorcycle Show (IMoS). (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisnis sepeda motor Peugeot kini dipegang oleh entitas baru, Stokeswood Group, menggantikan Garansindo Inter Global sejak awal 2017 lalu. Nama awal bersama Garansindo sejak 2015, Peugeot Scooters Indonesia, kini diganti menjadi Peugeot Motocycles Indonesia.

Di Indonesia Motorcycles Show (IMOS) 2018, Peugeot Motocycles Indonesia menjelaskan selain nama pihaknya juga punya strategi baru berbisnis di dalam negeri. Identitas baru ini masuk ke dalam strategi Peugeot global.

"Identitas baru ini juga merupakan representasi Peugeot Motocycles Indonesia dan komitmen jangka panjang terhadap industri otomotif roda dua di Tanah Air," kata Presiden Direktur dan CEO Peugeot Motocycles Indonesia Satya Saputra di JCC, Senayan, Jakarta.



Satya menjelaskan Peugeot Motocycles Indonesia berperan sebagai pemegang merek. Di bawah kepemilikan dan manajemen baru, pihaknya ingin berekspansi dan memperluas layanan purna jual dalam bisnis sepeda motor Peugeot. 

"Kami ingin membuktikan keseriusan kami sebagai brand premium dan juga memperluas pangsa pasar di Indonesia. Saat ini kami telah hadir di tiga lokasi di Jakarta, juga di Bandung, Yogyakarta, dan segera menyusul Bali dan Surabaya," ungkap Satya.

Peugeot pertama kali berdiri pada 1898 dan pada tahun yang sama melahirkan sepeda motor pertama mereka, De Dion-Bouton. Model sederhana ini punya mesin penggerak yang diletakkan di ban belakang.

'"Di tahun 2018 ini menandai usia Peugeot Scooters yang ke-120 dan perubahan nama ini menandai kembalinya Peugeot ke akarnya. Back to it's roots. Dan nantinya tidak hanya scooter, tapi juga sepeda motor," ucap Satya.


Lebih lanjut, pada IMOS 2018 Peugeot turut mengenalkan skuter matik terbarunya di Indonesia, yaitu SpeedFight yang memiliki mesin 125cc. Skutik ini mempunyai dua varian, SpeedFight Rp39,4 juta dan SpeedFight R Cup Rp39,9 juta.

Selain SpeedFight, Peugeot juga memboyong skutik Django Sport 150cc Rp48,9 juta, Django Evasion 150 cc Rp49,9 juta, Django Allure 150 cc Rp50,9 juta, Metropolis 400 cc Rp260 juta, dan Metropolis RXR Rp274 juta.

Satya mengatakan sekarang pihaknya tengah mengurus legalitas sepenuhnya untuk menghilangkan secara total nama Garasindo di Peugeot Indonesia. Kata dia saat ini badan usaha memang masih memakai nama Garasindo, namun mulai 2019 sudah resmi berganti nama.

"2019 semua sudah nama baru, tidak ada lagi Garasindo (di balik Peugeot Motocycles Indonesia)," ucap dia.

Peran Budi Darmadi

Mantan Dirjen Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi akan menjabat sebagai Presiden Komisaris Peugeot Motocycles Indonesia.

"Pak Budi sebetulnya bukan bagian dari sana (Garansindo), hanya dewan penasihat. Nah sekarang (oleh Pak Budi) Peugeot yang skuter diambil," kata Satya.

Satya mengatakan di bawah kepemilikan dan manajemen baru, pihaknya juga ingin berekspansi dan memperluas layanan purna jual. Namun, terkait berapa investasi untuk perluasan jaringan belum bisa disebutkan. (ryh/fea)


BACA JUGA