69 Berita Hoaks Beredar Sepanjang Oktober 2018

CNN Indonesia | Minggu, 04/11/2018 13:46 WIB
69 Berita Hoaks Beredar Sepanjang Oktober 2018 Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengidentifikasi berita hoaks yang beredar sepanjang Oktober 2018. Selama satu bulan tersebut terdapat 69 berita hoaks yang berseliweran di media sosial.

Beberapa hoaks yang ramai beredar di antaranya adalah terkait kecelakaan pesawat Lion Air JT-610, prediksi gempa bumi megathrust di Selat Sunda hingga kabar perang antar desa di Rumpin Bogor.

Dilihat dari data statistik Kominfo, selama satu bulan, minimal ada satu hoaks yang menyebar tiap hari. Salah satu hoaks terbanyak bulan ini adalah mengenai jatuhnya pesawat lion air JT-610.


Dalam kesempatan yang berbeda, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu sempat memberikan penjelasan terkait foto hoaks badan pesawat yang terbelah
Dia menjelaskan foto yang digunakan dalam postingan tersebut bukan merupakan kondisi pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

"Faktanya foto tersebut adalah kondisi pesawat Lion Air JT-904 dalam penerbangan Banjarmasin-Bandung-Denpasar yang terbelah di laut Bali pada tanggal 13 April 2013," ujarnya dalam keterangan resmi, beberapa waktu lalu.

Nando mengimbau wargannet tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat melalui media apapun, termasuk media sosial.

Diingatkan, setiap aktivitas di ruang siber, termasuk pendistribusian, mentransmisikan, dan membuat informasi hoaks agar bisa diakses telah diatur dalam Undang-undang (UU) RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). (age/age)