Ponsel Lipat Galaxy F Disebut Muncul Awal November

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 06:38 WIB
Ponsel Lipat Galaxy F Disebut Muncul Awal November Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ponsel lipat Samsung Galaxy F kabarnya akan diumumkan pada 7 November mendatang di acara konferensi pengembang Samsung di San Fransisco, Amerika Serikat. Sebelumnya kabar soal meluncurnya ponsel ini memang telah santer terdengar.

Bukti lain kalau Samsung memang akan meluncurkan ponsel lipat adalah berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal. Media ini menyebut kalau Samsung tengah melakukan pembicaraan dengan YouTube dan Netflix untuk membuat konten yang cocok ditaruh pada layar perangkat yang dapat dilipat.

Selain itu, Galaxy F ini juga dilaporkan memiliki model dengan nomor SM-F900U. Laporan itu juga menyebut bahwa perangat baru ini tengah diuji dengan firmware F900USQU0ARJ5. Samsung juga kabarnya telah bekerjasama dengan Google untuk membuat tampilan Android dengan antarmuka khusus untuk perangkat yang bisa dilipat.
Banyak yang memperkirakan bahwa perangkat ini akan menggunakan layar Super AMOLED. Layar dibagian luar bisa digunakan layaknya ponsel biasa saat dilipat. Ketika lipatan dibuka, maka perangkat bisa dijadikan seperti tablet.


GizmoChina mengatakan bahwa perangkat besutan perusahaan Korea ini memiliki kapasitas baterai 3.000mAh dengan ukuran layar utama sebesar 7,29 inci dalam mode tablet, dan untuk ukuran layar sekunder sebesar 4,58 inci.

Galaxy F sudah menjadi bahan pembicaraan masyarakat sejak beredarnya video berupa ponsel lipat yang dirilis oleh Samsung pada 2013. Namun Samsung terus mengundur peluncuran ponsel lipat ini meski telah berulang kali sempat memamerkan konsep ponsel tersebut. Setelah sekian lama tak terdengar, akhirnya perusahaan asal Korea ini kembali meniupkan isu perangkat lipat itu pada Juli lalu.

Samsung Galaxy F mungkin bukan ponsel lipat pertama. Sebab sebelumnya startup China Royole sempat telah meluncurkan ponsel Flexpai dengan layar lipat. Ada kemungkinan perangkat ini akan diluncurkan pada MWC 2019 dengan banderol harga yang cukup tinggi. Perangkat ini diperkirakan akan dijual untuk pasar Eropa dan Asia. (jef/eks)