Roket SpaceX Seukuran Monas Siap Jajal Mars

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 07:43 WIB
Roket SpaceX Seukuran Monas Siap Jajal Mars Ilustrasi. (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- SpaceX sedang menggarap proyek roket super besar. Dikabarkan proyek yang dinamakan Big Falcon Rocket (BFR) ini memiliki tinggi 387 kaki atau sekitar 118 meter dan berdiameter 30 kaki atau 9,1 meter.

Sebagai informasi dengan tinggi 118 meter, roket ini hampir menyaingi Monumen Nasional dengan tinggi 132 meter. Bahkan Patung Liberti dengan tinggi 93 meter kalah tinggi dengar roket ini.

Dilansir dari Business Insider, BFR diperkirakan mampu mengantarkan 100 orang dan 150 ton makanan, minuman, dan kebutuhan logistik lainnya.
Tujuan utama BFR adalah untuk kolonisasi manusia di planet Mars. CEO SpaceX Elon Musk mengungkap desain akhir BFR pada September lalu.


BFR terdiri dari dua bagian besar. Pertama adalah pendorong roket di bagian bawah, kedua adalah pesawat luar angkasa yang bisa digunakan berulang kali di bagian atas.

Diproyeksikan BFR akan menjalankan misi pertama pada 2023 dengan membawa miliuner Jepang dan sekelompok artis ke sekitar bulan.
Dengan ukuran dimensi dan kapabilitas yang luar biasa, banyak orang di industri penerbangan luar angkasa bertanya-tanya bagaimana BFR bisa dilahirkan.

Mereka juga membayangkan perusahaan privat bisa melahirkan BFR dengan bujet US$2 miliar sampai US$10 miliar. Rentang bujet tersebut adalah perkiraan Musk untuk mengembangkan BFR. (jnp/age)