Pengamat Temukan Asteroid yang Diduga Pesawat Alien

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 13:03 WIB
Pengamat Temukan Asteroid yang Diduga Pesawat Alien Ilustrasi. (Istockphoto/Ratpack223)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua astronom dari Universitas Harvard mengungkapkan pernah ada peradaban alien mengirimkan pesawat luar angkasa dengan misi untuk menyelidiki Bumi.

Dua pengamat bintang dari Harvard ini mengatakan manusia mengira pesawat ini sebagai asteroid. Pasalnya, pesawat luar angkasa ini memang berbentuk seperti asteroid. Asteroid ini dinamakan Oumuamua.

Dilansir dari Metro, Shmuel Bialy dan Abraham Loeb dari Harvard Smithsonian Centre for Astrophysics menghasilkan makalah yang berusaha menjelaskan bahwa asteroid berbentuk cerutu ini melesat di tata surya pada tahun lalu, lalu mengakselerasi dan berubah arah ketika melesat melewati bumi.
Kedua astronom mengatakan bahwa asteroid dengan bentuk memanjang ini merupakan "artificial origin".


"Oumuamua mungkin merupakan penyelidikan operasional yang sengaja dikirimkan ke Bumi oleh peradaban alien," tulis kedua Astronom tersebut.

Penelitian mereka menunjukkan beberapa penjelasan terkait pembentukan Oumuamua yang dianggap merupakan objek luar angkasa baru.
Asteroid ini melaju melalui Bumi dan berputar mengelilingi Matahari pada kecepatan 196 ribu mph. Oumuamua memiliki panjang sekitar setengah mil atau sekitar delapan kilometer.

Dengan kecepatan ini, Oumuamua awalnya dikira peneliti bukanlah sebuah asteroid tapi sebuah komet.

Objek luar angkasa ini diklasifikasikan Lembaga Antariksa Amerika Serikat (Nasa) sebagai objek yang tidak biasa. Nasa bahkan mengatakan tidak pernah melihat objek alami dengan proporsi ekstrim. (jnp/age)


BACA JUGA