Kia dan Hyundai Suntik Dana Rp3,7 Triliun ke Grab

CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 07:30 WIB
Kia dan Hyundai Suntik Dana Rp3,7 Triliun ke Grab Ilustrasi. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation suntik dana untuk Grab sebesar US$250 juta atau sekitar Rp3,7 triliun. Selain suntikan dana, kedua perusahaan otomotif ini akan bekerja sama dengan Grab untuk memulai program kendaraan listrik.

Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group and Head of Strategy & Technology Division Youngcho Chi mengungkapkan Asia Tenggara merupakan salah satu pusat konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia.

"Sebagai rumah dari salah satu pusat konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia, Asia Tenggara merupakan pasar yang berkembang sangat pesat untuk mobil listrik. Grab merupakan mitra yang akan membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik di Asia Tenggara," jelasnya, Rabu (7/11) dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.
Investasi tambahan ini didasarkan pada kemitraan strategis Grab dengan Hyundai yang berhasil menghimpun dana mencapai US$2,7 miliar. Investor dalam putaran pendanaan Grab saat ini termasuk Bookings Holdings, Microsoft, Toyota, dan lembaga keuangan terkemuka di dunia seperti OppenheimerFunds, Goldman Sachs Investment Partners, dan Citi Ventures.


Hyundai pertama kali berinvestasi di Grab pada bulan Januari, dan kedua perusahaan mulai menjajaki kolaborasi di sektor kendaraan listrik. Inisiatif terbaru Grab, yang memperluas kerja samanya dengan grup otomotif Korea untuk melibatkan Kia.

Pada bulan Agustus, Grab mengumumkan kemitraan dengan penyedia energi utilitas Singapura, SP Group, dimana kendaraan listrik Grab dapat menggunakan jaringan pengisian kendaraan listrik publik milik SP Grup.
Sebelumnya, Grab pun sedang dalam penjajakan suntikan dana dari Softbank senilai US$500 juta atau sekitar Rp7,4 triliun. Sumber terdekat yang tak diungkap identitas itu menjelaskan Softbank saat ini tengah dalam tahap pembicaraan akhir sebelum menyuntikkan dana.

Investasi yang akan kembali digulirkan ini disebut merupakan bagian dari suntikan dana sebesar US$1 miliar.

Sejumlah investor yang dipimpin oleh Softbank sebelumnya juga sudah menyuntikkan dana sebesar US$6 miliar untuk Grab. Sejumlah investor tersebut termasuk di dalamnya Didi Chuxing dan Toyota Motor Corp. (age/age)