Kursi Roda dan Barang Stephen Hawking Dilelang, Raup Rp34,6 M

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 07:15 WIB
Kursi Roda dan Barang Stephen Hawking Dilelang, Raup Rp34,6 M Ilustrasi (AFP PHOTO / ANDREW COWIE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kursi roda yang kerap digunakan Stephen Hawking dan berbagai koleksi barang pribadi lainnya dilelang. Hasil lelang yang akan digunakan untuk kegiatan amal ini berhasil mengumpulkan dana hingga 1,8 juta poundsterling (sekitar Rp34,6 miliar).

Total terdapat 22 barang milik Hawking yang dilelang. Salah satunya adalah Beberapa barang yang dilelang adalah kursi roda yang digunakan oleh Stephen Hawking. Kursi roda otomatis itu berhasil diboyong seharga 300 ribu poundsterling (sekitar Rp5,7 miliar).

Tapi, itu bukanlah hasil lelang tertinggi dari barang-barang pribadi Hawking. Disertasinya terjual dua kali lipat lebih mahal. Disertasi berjudul "Properties if expanding universe" (properti dari semesta yang mengembang) yang diterbitkan pada 1965 terjual dengan harga 584.750 poundsterling (sekitar Rp11,24 miliar). Padahal awalnya, disertasi itu diperkirakan akan terjual senilai 150 ribu poundsterling saja (Rp2,8 miliar).


Beberapa barang Hawking lain yang dilelang adalah beberapa essay, medali, penghargaan, dan salinan dari bukunya yang ternama, Brief History of Time yang ditandai dengan cap jempol penulisnya sendiri ikut dilelang, Kamis (8/11).

Medali dan penghargaan terjual seharga 296.750 poundsterling dari estimasi 15 ribu poundsterling. Penyintesis suara elektronik yang membantu Hawking untuk berbicara juga ikut dijual.

Rumah lelang Christie's mengadakan lelang online "On The Shoulder of Giant" (Di Bahu para Raksasa) selama 9 hari. Hasil kursi roda yang dilelang ini akan dipakai untuk digunakan oleh Stephen Hawking Foundation dan Asosiasi Penyakit Motor Neuron, penyakit yang diderita oleh Hawking.

"Stephen Hawking adalah tokoh yang dikenal di seluruh dunia. Ia punya kekuaan luar biasa untuk terhubung dengan orang lain," jelas Thomas Venning, Kepala Departemen Buku dan Manuskrip di rumah lelang Christie's di London, kepada Reuters sebelum acara dimulai. (1 poundsterling= Rp19,237.05) (eks/eks)