Pikap Toyota Dirombak Jadi Anti-Peluru

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 09:20 WIB
Pikap Toyota Dirombak Jadi Anti-Peluru GAG, salah satu kendaraan taktis Brimob yang dirancang perusahaan asal Bandung, Jawa Barat, Jala Berikat Nusantara Perkasa. (Foto: Jala Berikat Nusantara Perkasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brigade Mobil atau Brimob, kesatuan operasi khusus Kepolisian Indonesia buat tugas genting dan urgen, punya berbagai macam kendaraan aksi. Salah satu yang terbaru adalah GAG, kendaraan ini dirancang perusahaan asal Bandung, Jawa Barat, Jala Berikat Nusantara Perkasa.

GAG merupakan unit aksi yang dirancang menggunakan sasis dan mesin pikap Toyota Hilux. Namun seluruh bodi kendaraan sudah dirombak sedemikian rupa menggunakan bahan baja yang tidak bisa ditembus peluru.

Selain bodi, kaca dan ban juga kebal peluru. Pada ban sudah menggunakan teknologi run flat tire sehingga saat kempis masih bisa digunakan.


GAG, salah satu kendaraan taktis Brimob. (Dok. Jala Berikat Nusantara Perkasa)

Mobil dengan kapasitas delapan penumpang ini mempunyai fungsi membawa para perajurit Brimob 'bergrilya'. GAG didesain punya 11 lubang tembak dan dilengkapi alat derek, sirine, LED light bar, tangki bahan bakar ukuran 2x20 liter.

Ada juga opsi perlengkapan tambahan radio komunikasi dan tempat dudukan senjata.

Kendaraan dengan berat 3.200 kg ini dapat modal gerak dari mesin diesel DOHC 2500 cc bertenaga 170 hp pada rpm 3.400 dengan torsi 343 nm pada rpm 1.600 - 2.800.

Kecepatan pergerakannya diklaim sampai 80 km per jam dengan konsumsi bahan bakar 9 km per liter. Sedangkan dimensinya, GAG punya tinggi 5.350mm, lebar 2.085mm, tinggi 2.115mm, serta wheelbase 3.085mm.

Kepala Teknisi Jala Berikat Nusantara Perkasa Agus Kristanto menjelaskan jasa perusahaan digunakan Mabes Polri untuk membuat GAG sejak 2017.

"Jadi sejak tahun lalu sampai sekarang itu sudah 24 unit kami serahkan ke Brimob," kata Agus di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (7/11). (ryh/fea)