Dark Mode di Android Bikin Hemat Baterai

CNN Indonesia | Minggu, 11/11/2018 23:04 WIB
<i>Dark Mode</i> di Android Bikin Hemat Baterai Ilustrasi android. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google memperkenalkan opsi Dark Mode untuk perangkat Android. Berdasarkan data yang dipaparkan Google, mode gelap ini bisa menghemat baterai hingga 43 persen ketika ponsel menggunakan kecerahan maksimal dibanding menggunakan mode normal.

Opsi ini sudah lama dinanti pengguna, sebab dengan menggelapkan sebagian besar layar, tentu akan mengurangi konsumsi baterai. Google mengumumkannya saat Android Dev Summit, Kamis (8/11).


Fungsi Dark Mode ini diterapkan pada sistem operasi dan aplikasi. Dark mode adalah pilihan untuk mengubah warga pada tampilan ponsel agar berwarna gelap. Fungsi sudah lama dikaitkan dengan penghemat daya baterai terutama pada perangkat seluler.


Terutama pada aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan warna putih sebagai latar mereka, seperti Youtube misalnya. Jika ditelisik, konsumsi baterai terbesar ponsel memang terletak pada layar. Baik untuk menyalakan layar (terutama jika layar mesti mengeluarkan berwarna cerah), termasuk energi yang dibutuhkan untuk mengenali sentuhan di layar.

Selain itu, ponsel dengan layar OLED akan bisa menghemat daya lebih besar dengan adanya mode gelap ini. Sebab layar OLED, benar-benar mematikan pixel mereka ketika menampilkan warna hitam.

Sementara layar LCD biasa memiliki backlight yang selalu menyala, meski ketika menampilkan warna hitam. Sehingga pada LCD, warna hitam yang ditampilkan seperti tersaput dan tidak tampak terlalu pekat. Mode ini juga lebih ramah di mata ketika pengguna ada di lingkungan yang gelap, seperti disebutkan Business Insider.


Google bahkan mengakui kesalahannya yang mendorong para pengembang untuk menggunakan warna putih untuk aplikasi mereka, termasuk aplikasi Google sendiri.

Opsi ini bisa diaktifkan pada sistem operasi Android dan berbagai aplikasi. Tapi aplikasi yang tidak memberikan pilihan dark mode akan tetap menggunakan warna putih sebagai latar utama. Youtube dan Android Messege kabarnya sudah mendapat opsi fungsi ini. Fungsi ini kabarnya juga akan diterapkan pada aplikasi Google lain yang ada di iOS, seperti ditulis The Verge.
(eks/kid)