Cara Mudah Buat Stiker WhatsApp

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 17:08 WIB
Cara Mudah Buat Stiker WhatsApp Ilustrasi. (REUTERS/Thomas White)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp baru saja menambahkan fitur stiker ke dalam percakapan. Bagi aplikasi pesan instan lainnya, fitur ini sudah terlebih dahulu hadir.

Namun, WhatsApp tetap berhasil 'menyihir' penggunanya untuk tetap bersemangat menggunakan fitur lama rasa baru tersebut. Salah satu cara WhatsApp menarik perhatian adalah dengan membiarkan para pengguna dapat dengan mudah membuat stiker sendiri.

Jika Line sudah memberikan ribuan opsi stiker, WhatsApp hanya menyediakan 12 set stiker bawaan bagi pengguna. Namun, mereka membiarkan para pengguna membuat stiker sebanyak yang mereka mau tanpa dipungut biaya apapun.


Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan yang membantu untuk membuat stiker. Ketika CNNIndonesia.com menjajal langsung cara pembuatan stiker WhatsApp, pengguna cukup mengunduh dua aplikasi bernama 'Sticker' dan edit foto.

Berikut dua langkah mudah membuat stiker WhatsApp.

Unduh Aplikasi Sticker for WhatsApp

Pengguna harus mengunduh aplikasi 'Sticker for WhatsApp'. Aplikasi ini yang nantinya akan memasukkan stiker buatan pengguna ke dalam jajaran stiker WhatsApp.

Pengguna tinggal masuk ke Google Play Store dan mencari aplikasi tersebut. Namun, perlu menjadi perhatian, langkah ini hanya diperuntukkan bagi pengguna perangkat Android.

Unduh Aplikasi Edit Foto

Pengguna sebenarnya memiliki banyak pilihan edit foto. Namun, disarankan aplikasi edit foto tersebut memiliki dua kebutuhan utama untuk membuat stiker WhatsApp yakni menghapus latar belakang dan menambahkan teks.

Dua kebutuhan tersebut bisa pengguna dapatnya dari salah satu aplikasi edit foto yakni PicsArt. Berikut langkah menggunakan PicsArt.

1. Pilih Opsi Edit

Pengguna mengklik ikon '+' dan memilih opsi 'edit'. Setelah itu pengguna tinggal memilih foto yang ingin diubah menjadi stiker WhatsApp.

2. Pilih Opsi 'CutOut'

Setelah gambar yang dikehendaki muncul, pengguna tinggal melingkari objek yang ingin dijadikan stiker. Lalu pilih simpan.

Masuk ke Aplikasi Sticker for WhatsApp

Setelah jadi stiker, pengguna masuk kembali ke dalam aplikasi ini untuk memastikan stiker sudah tersimpan dan singkronisasi dengan aplikasi ini. Setelah itu, stiker secara otomatis sudah ada dalam aplikasi dan siap digunakan dalam percakapan.

Selamat mencoba. (age/age)