Ingin Kenang Beetle, VW Bakal Rilis Mobil Listrik 'Murah'

AFP, CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 12:20 WIB
Ingin Kenang Beetle, VW Bakal Rilis Mobil Listrik 'Murah' Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Fabian Bimmer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Volkswagen disebut akan meluncurkan mobil listrik kurang dari 20.000 euro atau sekitar Rp 333,6 juta untuk menyangingi produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla.

Kendaraan listrik digadang-gadang akan menjadi kendaraan alternatif di masa depan, dan perusahaan berbasis di Wolfsburg, Jerman ini berniat untuk meluncurkan mobil listrik berdasarkan platform global yang disebut MEB.

Salah satu sumber VW mengutip AFP, Senin (12/11) menjelaskan bahwa salah satu mobil yang tengah disiapkan adalah I.D. Aero, diproduksi di pabrik Passat, tempat lahirnya kendaraan jenis sedan menengah.


VW masih belum mau berkomentar terkait pemberitaan ini, termasuk disebut-sebut beraliansi dengan produsen baterai SK Innovation dan perusahaan otomotif dari AS, Ford.

Pada pertengahan bulan ini, atau tepat pada 16 November, VW dikabarkan akan membahas rencana transformasi perusahaan untuk beralih dari pembuat kendaraan bermesin bakar (ICE/Internal Combustion Engine) terbesar di Eropa menjadi produsen mobil listrik.

Yang melatarbelakangi pertemuan penting itu adalah keluarnya aturan pelarangan peredaran kendaraan bermesin diesel di beberapa kota besar di Jerman.

Aturan tersebut memaksa VW menerapkan strategi baru untuk melindungi 600.000 pekerjaan di Jerman, di mana 436.000 pekerja tersebar di pabrik dan industri pemasok komponen.

Sejauh ini, mobil listrik VW yang kerap muncul di pemberitaan adalah ID Buzz yang kabarnya dibangun di pabrik VW di Hannover, tempat Van T6 dibuat.

Menurut sejumlah pakar otomotif, VW berpotensi merajai pasar otomotif mobil listrik dunia, ketika melihat dominasi Volkswagen untuk pasar mobil penumpang di Eropa.

Sementara itu analis melihat hubungannya dengan Ford besar kemungkinan bakal terwujud mengingat Ford adalah sebuah perusahaan yang cukup menggiurkan di dunia, dan memiliki penjualan dan laba yang kuat di AS.

VW fokus bagaimana menciptakan kendaraan listrik harga terjangkau yang memenuhi kebutuhan konsumen, sebuah refleksi yang dilakukan VW puluhan tahun silam saat menyediakan 'mobil rakyat' Beetle.

Perusahaan bahkan sedang mempertimbangkan kesepakatan kerja sama di bidang kendaraan komersial, listrik dan otonom, yang akan diumumkan setelah pertemuan pada 16 November di markas VW, menurut sumber kedua.

Tak pelak VW optimistis mencapai target penjualan 1 juta mobil listrik pada 2025 di dunia.

[Gambas:Video CNN]

(mik)