Plus Minus Tangki FreeGo di Bawah Kaki Biker

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 14:26 WIB
Plus Minus Tangki FreeGo di Bawah Kaki <i>Biker</i> Penampakan tangki bahan bakar Yamaha FreeGo. (Foto: Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desain baru tangki bahan bakar merupakan salah satu hal unik pada Yamaha FreeGo. Posisinya berada di bawah kaki biker alih-alih di bawah jok seperti skutik 125cc pada umumnya, desain ini punya keunggulan tapi juga ada kelemahannya.

Pada desain skutik yang biasa kita lihat sekarang, ruang di bawah jok dibagi dua antara bagasi dan tangki. Pada FreeGo ruang itu menjadi lebih lapang karena minus tangki, ukurannya dimaksimalkan sampai 25 liter.


Plus Minus Tangki FreeGo di Bawah Kaki BikerYamaha FreeGo. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Punya bagasi lebih luas memudahkan biker membawa barang-barang, misalnya menyimpan tas plus helm cadangan. Bagasi yang lebih luas dari Nmax ini merupakan ruang penyimpanan utama dan satu-satunya sebab FreeGo tidak punya kompartemen di bawah setang.


"Tangki memang berada di situ untuk kemudahan dan bagasi menjadi lebih luas meskipun cc-nya 125. Ini kan sebuah inovasi baru, kemudian dari safety, kita menjepitnya di bagian frame, itu terlindung sekali dan kami tambah protector," jelas M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di Sirkuit Sentul, pekan lalu.

Saat sesi test ride di kawasan Sirkuit Sentul pada pekan lalu, Yamaha sempat membawa satu unit FreeGo yang sudah dikupas bagian bawah deknya sampai memperlihatkan posisi tangki yang berukuran 4,2 liter.


Model ini memperlihatkan bagian sasis mengelilingi tangki, selain itu ada pelat besi yang dibaut ke sasis buat perlindungan bagian bawah.

Ada rongga antara pelat besi dengan tangki untuk jaga-jaga bila pelat besi terbentur efeknya tidak langsung kena tangki. Bila bodi dipasang ada rongga lagi ke tangki.

Kedua rongga itu bisa berfungsi sebagai peredam bila terjadi benturan dari bagian bawah. Dari penampakannya tangki itu terlihat terlindungi dari benturan, namun belum ada penjelasan soal ketahanan banjir.

Plus Minus Tangki FreeGo di Bawah Kaki BikerPosisi tutup tangki bahan bakar Yamaha FreeGo, ada di sebelah kiri. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Isi Bensin

Menyesuaikan posisi tangki, tutup isi bahan bakar FreeGo berada di lokasi yang umumnya dirancang sebagai kompartemen penyimpanan barang pada skutik.

Untungnya desain ini, memudahkan pengisian bahan bakar motor di SPBU. Salah satu efek negatifnya, mungkin biker perlu sigap membersihkan sisa-sisa bensin yang jatuh saat noozle diangkat. Bensin dipahami bisa merusak cat dan material plastik bila terlalu lama didiamkan. (fea)