Gojek-Grab Bersaing Ketat Gaet Bank di Singapura

CNN Indonesia | Rabu, 14/11/2018 07:34 WIB
Gojek-Grab Bersaing Ketat Gaet Bank di Singapura Ilustrasi (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek ditargetkan akan mengaspal di Singapura pada akhir November 2018. Perusahaan transportasi online asal Indonesia ini mengumumkan kerja sama dengan perbankan raksasa DBS. Di sisi lain, kompetitor Gojek, Grab juga mengumumkan kesepakatan dengan pesaing DBS, yakni UOB.

Kerja sama dengan bank merupakan strategi untuk menjadi mitra kartu kredit di lima negara Asia Tenggara. Kerja sama ini juga merupakan bentuk kolaborasi untuk menyediakan layanan pembayaran.

Presiden Gojek Andre Soelistyo mengatakan bahwa pelanggan DBS di Singapura akan diberikan hak istimewa dalam peluncuran aplikasi Gojek Beta di Singapura. Gojek telah memulai pra-pendaftaran pengemudi di Singapura akhir bulan lalu.


Menurutnya, peluncuran versi beta Gojek di Singapura dalam beberapa minggu mendatang akan memberikan alternatif bagi pelanggan transportasi online di Singapura.

"Kami tahu bahwa orang putus asa untuk mencari lebih banyak pilihan di sektor ini dan kami percaya kami dapat memenuhi permintaan ini.

Tanggapan dari komunitas pengemudi sejak kami membuka pra-pendaftaran sangat luar biasa dan kami yakin bahwa dengan bekerja bersama DBS, kami akan melihat tingkat kegembiraan yang sama dari konsumen juga," kata Andre, di Singapura, seperti dikutip Tech In Asia.

Selain itu, pelanggan DBS di Singapura kabarnya akan mendapat sejumlah keistimewaan ketika Gojek meluncur di negara itu dalam beberapa bulan mendatang, seperti disebutkan FintechNews.

Sebelumnya Gojek telah meluncurkan Go-Viet di Thailand dan Get di Thailand. Gojek kabarnya sedang mengamankan putara pendanaan US$2 miliar dengan investor seperti Tencet dan JD.

DBS juga bermitra dengan startup e-commerce Singapura, Carousell. Bentuk kerja sama ini adalah mengembangkan dompet seluler CarouPay. DBS berinvestasi US$85 juta dalam pendanaan seri C di Carousell pada awal tahun ini.

Di sisi lain, aliansi Grab dengan UOB akan memungkinkan untuk menawarkan solusi pembayaran UOB dalam aplikasi. UOB juga akan menjadi mitra strategis karu kredit di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Kerja sama ini memiliki potensi untuk mengeluarkan kartu co-branded di keempat negara tersebut. Sebelumnya penerbit AS Mastercard telah mengeluarkan kartu debit Grab bulan lalu.

Rencana lainnya adalah memberikan hak istimewa bagi pemegang kartu UOB saat melakukan pembayaran di Grab. Pengisian dompet GrabPay bisa langsung diisi dari akun UOB.
(jnp/eks)