Mark Zuckerbeg Titahkan Pegawai Facebook Pakai Android

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 16:55 WIB
Mark Zuckerbeg Titahkan Pegawai Facebook Pakai Android Ilustrasi (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Facebook Mark Zuckerberg memerintahkan tim manajemennya untuk hanya menggunakan ponsel berbasis Android. Zuckerberg berpendapat sistem operasi Android memiliki lebih banyak pengguna di dunia daripada sistem operasi besutan Apple iOS.

Titah perintah ini disinyalir akibat sindiran CEO Apple Tim Cook terhadap Facebook. Cook mengatakan Facebook adalah layanan yang memperdagangkan kehidupan pribadi penggunanya, seperti dilansir The New York Times

Dalam komentar yang dibuat pada bulan Maret lalu, Cook menolak menjawab pertanyaan tentang apa yang akan ia lakukan apabila ia berada di posisi Zuckerberg untuk mengurusi skandal kebocoran data Cambridge Analytica. Cook menegaskan dirinya tidak akan berada dalam situasi tersebut.


Zuckerberg kemudian membalas hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan mengatakan komentar Cook sangat palsu. Ia juga menyindir kebijakan keamanan privasi Apple sebagai motif untuk membebankan biaya yang mahal ke penggunanya.

"Saya pikir jangan membuat perusahaan yang bekerja keras untuk membebankan tagihan dengan meyakinkan anda bahwa sebenarnya mereka peduli dengan anda. Itu terdengar konyol bagi saya," kata Zuckerbeg.

Memang masih kurang jelas bagaimana komentar Cook secara langsung memprovokasi perintah Zuckerberg tersebut. Akan tetapi, keputusan ini dianggap rasional untuk membuat pegawainya menggunakan Android.

Android adalah sistem operasi yang dominan di banyak wilayah di luar AS, termasuk Amerika Selatan, Eropa, Rusia, Asia Selatan, dan sebagian Timur Tengah.

The Verge juga mengecek aktivitas Twiiter beberapa eksekutif Facebook. Ternyata pimpinan blockchain David Marcus dan Vice President dari AR dan VR Andrew "Boz" Bosworth masih terbukti menggunakan iPhone, seperti dikutip The Verge. (jnp/eks)