Peneliti Perkirakan Bisa Kunjungi Planet di Luar Tata Surya

CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 11:45 WIB
Peneliti Perkirakan Bisa Kunjungi Planet di Luar Tata Surya Ilustrasi (REUTERS/R. Hurt/Caltech/IPAC/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti telah menemukan bukti planet di luar tata surya atau eksoplanet bisa dikunjungi. Jarak planet ini sekitar enam tahun cahaya. Temuan ini menjadi penting karena jaraknya relatif dekat dengan bumi dibandingkan eksoplanet lainnya.

Planet yang diberi gelar 'Super Earth' ini mengorbit di bintang Barnard. Bintang ini merupakan sistem bintang kedua terdekat dari Bumi. Peneliti menemukan planet ini dengan melihat sedikit pengulangan perubahan cahaya dari bintang Bernard.

Barnard merupakan bintang kerdil yang memiliki temperatur sekitar 3000 celsius. Sedangkan eksoplanet memiliki suhu 247 derajat fahrenheit atau sekitar 119 derajat celsius dibawah nol.


Jarak antara Super-Earth dengan Barnard sama dengan jarak Merkurius dengan Matahari. Data yang peneliti dapatkan mengungkap eksoplanet ini mengorbit setiap 233 hari.

Jarak eksoplanet ini yang relatif dekat dengan Bumi memungkinkan para peneliti untuk mengambil gambar secara langsung.

"Mendeteksi planet-planet yang paling dekat memiliki kepentingan intrinsik, karena ini adalah planet yang dapat kita harapkan untuk secara langsung menjadi ciri terbaik dalam beberapa dekade mendatang," kata penulis senior studi dari Queen Mary University of London, Guillem Anglada-Escude.

Anglada-Escude ingin terus mengambil data tentang bintang, dan mudah-mudahan mendeteksi planet lainnya.

"Planet ini adalah Bumi super dingin, mungkin analog raksasa ke Titan bulan Saturnus yang sangat kaya hidrokarbon," kata Anglada-Escude, seperti dikutip Gizmodo. (jnp/eks)


BACA JUGA