Uji Produk

Pocophone F1, Harga Murah Performa Gahar Sekelas Flagship

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Selasa, 20/11/2018 14:24 WIB
Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada akhir Agustus lalu, Pocophone F1 menjadi barang panas. Hal itu lantaran dengan banderol harga Rp4,5 juta, ponsel ini dibekali cipset Snapdragon 845 yang kerap dipakai ponsel flagship.

Dua ponsel flagship yang sama-sama diotaki Snapdragon 845 yakni Samsung Galaxy S9 yang dibanderol mulai Rp12,5 juta dan Oppo Find X dengan harga Rp13,5 juta. Jadi bisa dibayangkan jika Pocophone F1 masuk dalam kategori barang panas.

Ponsel besutan sub-brand Xiaomi ini hadir dalam dua varian, RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang dibanderol mulai dari Rp4,5 juta serta RAM 6 GB dan ROM 128 GB yang dijual Rp5 juta. ROM bisa diperluas dengan kehadiran slot microSD hingga 256 GB.


Jika dilihat dari penggunaan cipset, performa jelas menjadi ujung tombak ponsel ini. CNNIndonesia.com berkesempatan mencoba ponsel ini.

Pocophone F1, Performa Gahar Harga Murah Sekelas FlagshipFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Desain

'Mewah' menjadi kesan pertama yang muncul ketika menatap Pocophone F1. Namun seketika anggapan itu sirna seketika mulai menggengamnya.

Material punggung ponsel berbahan polycarbonate alias plastik membuat kesan premium hilang dan menjadikannya terasa licin. Setidaknya Poco bisa menambahkan finishing kaca untuk memunculkan kesan premium.

Kendati demikian, bobotnya seberat 180 gram masih terasa nyaman saat dipakai untuk bermain gim selama berjam-jam.

Sebagai catatan, sesungguhnya Poco menghadirkan PocoF1 dengan desain yang lebih mewah dengan bahan Kevlar. Akan tetapi, Anda harus rela merogoh kocek Rp500 ribu lebih mahal dari versi material plastik.

Tak lupa, tren poni lebar juga turut diterapkan untuk ponsel ini. CNNIndonesia.com merasa bagian dagu, bezel kiri dan kanan terasa agak tebal.

Pocophone F1, Performa Gahar Harga Murah Sekelas FlagshipFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Poni lebar ini menyimpan banyak sensor di dalamnya, di antaranya sensor inframerah, face recognition, speaker, dan sensor kamera.

Hanya saja, tren poni justru mengurangi 'kekhusyukan' saat menggunakan ponsel untuk bermain gim. Secara default, seperempat tampilan dari gim akan terpotong karena aplikasi gim ini mendukung fitur fullscreen akan memenuhi layar. Keresahan bisa sedikit teratasi ketika menonaktifkan mode fullscreen.

Poco F1 memiliki port audio 3,5mm, dua slot kartu SIM hybrid, dan port USB-C. Melihat punggungnya, terdapat dua buah kamera yang disusun vertikal diapit LED flash dan sebuah sensor sidik jari di bagian tengah.

Sentuhan desain lingkaran berwarna merah yang mengelilingi lensa kamera tak dipungkiri patut untuk dipuji.

Seperti yang diketahui, Poco F1 masih mengusung layar yang masih menggunakan teknologi IPS atau LCD. Maka tak heran jika kualitas gambar kalah jauh, terutama dari segi kontras dan keterangan layar dibandingkan ponsel flagship Galaxy S9 dengan teknologi Super AMOLED. (evn)

1 dari 3


BACA JUGA